Epidemiolog Ingatkan Potensi Puncak Kembar Varian Covid-19, Apa Artinya?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Epidemiolog Ingatkan Potensi Puncak Kembar Varian Covid-19, Apa Artinya?

Epidemiolog Ingatkan Potensi Puncak Kembar Varian Covid-19, Apa Artinya?

KEPONEWS.COM - Epidemiolog Ingatkan Potensi Puncak Kembar Varian Covid-19, Apa Artinya? Varian Covid-19 semakin banyak ditemukan di Indonesia. Kementerian Kesehatan sudah mencatat bahwa 12 provinsi mempunyai kasus varian Covid-19. Varian Delta Covid-19 yang paling disorot karena belakang...

Varian Covid-19 semakin banyak ditemukan di Indonesia. Kementerian Kesehatan sudah mencatat bahwa 12 provinsi mempunyai kasus varian Covid-19. Varian Delta Covid-19 yang paling disorot karena belakangan ini banyak ditemukan di Kudus.

Tapi, Epidemiolog Griffith University, Australia, Dicky Budiman, memeringati Indonesia akan bahaya serangan potensi puncak kembar. Apa artinya?

"Jadi, saya melihat akan adanya lonjakan kasus dua varian Covid-19 di Indonesia, yaitu varian Alpha dan varian Delta dan keduanya bisa saja muncul dalam waktu yang berdekatan," kata Dicky pada MNC Portal, Kamis (17/6/2021).

Pasien Covid-19

(Ilustrasi)

Namun, sambung Dicky, kemunculan pertama kasus akan 'di-lead' varian Alpha (B.1.1.7) yang pertama teridentifikasi di Inggris. "Varian ini akan memuncak di akhir Juni 2021," kata Dicky.

Vaksin Nusantara Dilarang, Hati Terawan Terluka

Lalu, akan disambung dengan potensi kemunculan varian Delta yang sudah semakin banyak ditemukan di masyarakat. Menurut Dicky, puncak varian Delta akan dimulai dari Juli 2021.

"Kehadiran potensi puncak kembar varian Covid-19 ini bukan semata-mata karena meningkatnya mobilitas masyarakat saat arus mudik dan arus balik, tetapi akumulasi dari perjalanan setahun pandemi Covid-19 di Indonesia mulai dari libur tahun baru, Pemilu, atau juga momen liburan," papar Dicky.

Ahli Sebut Vaksin AstraZeneca dan Pfizer Efektif Kurangi Keparahan Varian Delta Covid-19

Comments