Enggak Cuma Indonesia, Tiga Negara Ini Juga Gagal Punya Mobnas

Otomotif

News / Otomotif

Enggak Cuma Indonesia, Tiga Negara Ini Juga Gagal Punya Mobnas

Enggak Cuma Indonesia, Tiga Negara Ini Juga Gagal Punya Mobnas

KEPONEWS.COM - Enggak Cuma Indonesia, Tiga Negara Ini Juga Gagal Punya Mobnas Setelah sempat lama menghilang, kini nama Esemka kembali mencuat di tajuk gosip nasional. Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirahaja mengatakan sebuah kabar yang cukup mengagetkan: Esemka...
Loading...

Setelah sempat lama menghilang, kini nama Esemka kembali mencuat di tajuk gosip nasional. Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirahaja mengatakan sebuah kabar yang cukup mengagetkan: Esemka bukan mobil nasional.

Menurut dia, meski diproduksi di Indonesia dan memakai komponen buatan dalam negeri, tapi ia tidak mau Esemka disebut sebagai mobnas.

Kami bukan mobil nasional, Tetapi, produksi mobil di indonesia. Jadi, jangan salah persepsi, mobil nasional kan cukup luas," ujarnya di Jakarta baru-baru ini.

Bicara soal mobnas, Indonesia juga sempat nyaris memilikinya. Pada 1996, putra bungsu mantan Presiden Soeharto, adalah Hutomo Mandala Putra atau biasa dikenal dengan nama Tommy Soeharto, menghadirkan merek Timor.

Mobil Saab buatan Swedia

Namun, krisis ekonoi yang melanda di 1998, membuat proyek tersebut berantakan. Padahal, Timor sempat menjadi sedan terlaris di Tanah Air.

Tak hanya Indonesia, Swedia juga kurang beruntung dalam hal mobnas. Dilansir dari banyak sekali sumber, Rabu 14 Agustus 2019, merek Saab menjadi kebanggaan negara di Skandinavia tersebut.

Perakitan mobil Esemka di Solo

Esemka Jadi Meluncur Enggak Sih? Ini Faktanya

Sejumlah mobil pickup terparkir di halaman pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolal

Esemka Berjuang Cari Dukungan

Sejumlah mobil pickup terparkir di halaman pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolal

Esemka Diklaim Bukan Mobil Nasional

Menperin: Esemka Ditunggu Barangnya

Pekerja berjalan di depan deretan mobil Esemka di pabriknya di Sambi, Boyolali,

Dirut Sebut Mobil Esemka Indonesia Banget

Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad

Cerita Jokowi Deg-degan Naik Mobil Proton

Sayangnya, setelah berjaya selama beberapa puluh tahun dan sempat diakuisisi oleh General Motors, merek tersebut dinyatakan bangkrut.

India juga pernah mempunyai mobil kebanggaan rakyat Hindustan. Diberi nama Ambassador, mobil tersebut banyak dijadikan sebagai angkutan taksi. Namun, perusahaan tersebut pada 2014 memutuskan untuk berhenti beroperasi.

Mobil Ambassador buatan India

Terakhir, ada Turki yang sempat berencana membuat mobnas dengan nama Devrim. Proyek ini dimulai pada 1961, dengan sasaran spesifikasi yang cukup tinggi. Ada empat unit yang sempat diproduksi, sebelum akhirnya proyek dibatalkan lima tahun kemudian.

Mobil merek Devrim asal Turki

Loading...

Comments