Empat Cara Mudah Kerja Cerdas dan Lebih Produktif

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Empat Cara Mudah Kerja Cerdas dan Lebih Produktif

Empat Cara Mudah Kerja Cerdas dan Lebih Produktif

KEPONEWS.COM - Empat Cara Mudah Kerja Cerdas dan Lebih Produktif Memiliki durasi kerja yang panjang, merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan orang. Hal ini, kerap dianggap efektif dan berbanding lurus dengan produktivitas yang tinggi. Kebanyakan orang yang tingga...
Loading...

Memiliki durasi kerja yang panjang, merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan orang. Hal ini, kerap dianggap efektif dan berbanding lurus dengan produktivitas yang tinggi.

Kebanyakan orang yang tinggal di wilayah Amerika menjalaninya, di mana mereka memiliki jam kerja di atas rata-rata jam kerja karyawan di negara maju lainnya.

Selain jam kerja yang lebih panjang, sebagian orang, bahkan akan membawa serta pekerjaan kantor mereka ke rumah, bekerja di akhir pekan, membuka e-mail terkait pekerjaan di luar jam kantor, atau bahkan melakukan beberapa pekerjaan sekaligus.

Namun, benarkah semua hal ini bisa menambah produktivitas dalam bekerja? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) dan dirilis oleh CNBC, Amerika Serikat, justru hanya menempati posisi kelima saja terkait dengan produktifitas kerja ini, dikalahkan oleh empat negara Eropa lainnya yang justru memiliki jam kerja lebih sedikit.

Artinya, produktivitas ini tidak selalu berbanding lurus dengan durasi kerja yang dijalankan oleh para karyawan. Kalau ingin produktif, melakukan perubahan dan beberapa langkah cerdas, justru akan lebih efektif.

Ilustrasi sibuk bekerja.

Simak beberapa cara cerdas yang bisa dilakukan menambah produktivitas kerja seperti dikutip dari Cermati.com, pada Sabtu 19 Mei 2018 berikut ini:

1. Mulailah dari hal kecil yang bisa membawa perubahan besar

Berniat untuk melakukan segala sesuatunya dengan lebih efisien, maka membuat banyak sekali rencana perubahan kerap menjadi pilihan banyak orang. Hal ini tentu tidak salah, namun juga kerap tidak masuk akal dan bahkan tidak pernah bisa dilakukan dengan tepat sasaran.

Hindari kesalahan seperti ini, alasannya adalah perubahan besar ini bisa saja akan menjadi rencana semata. Bila ingin melakukan perubahan yang besar, maka memulainya dengan perubahan-perubahan kecil merupakan langkah cerdas yang paling tepat untuk dilakukan.

Misalnya, sering telat ke kantor karena harus menunggu KRL tiba di saat-saat terakhir, maka keputusan untuk membawa kendaraan pribadi ke kantor dijadikan sebagai pilihan.

Hal ini bisa saja tidak efektif dan menyebabkan banyak sekali masalah baru, seperti lebih sering telat tiba di kantor karena macet, lebih lelah selama perjalanan, dan biaya transportasi menjadi lebih besar.

Tidak perlu melakukan perubahan yang ekstrem, namun justru membawa banyak sekali masalah baru. Bangun lebih cepat, tiba di stasiun lebih awal dan naik KRL yang lebih pagi ialah keputusan yang lebih tepat. Selain tidak telat, hal ini juga akan tetap menghemat tenaga dan biaya selama perjalanan.

2. Hindari untuk mencoba multi tasking

Mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus, mungkin saja dianggap sebagai sesuatu yang positif. Namun, hal ini bisa saja mengurangi produktivitas kerja, alasannya adalah tidak efektif.

Di dalam praktiknya, multi tasking bukanlah melakukan pekerjaan di saat bersamaan, namun justru melakukan pekerjaan secara bergantian. Hal ini akan membuat konsentrasi terpecah dan tidak fokus pada satu bidang saja, sehingga kualitas pekerjaan juga tidak maksimal.

Melakukan dan menyelesaikan satu per satu pekerjaan merupakan langkah yang paling tepat. Selain lebih berkonsentrasi, cara ini juga akan berdampak baik bagi kesehatan dan otak.

3. Batasi penggunaan smartphone sewaktu bekerja

Kebanyakan orang telah begitu terbiasa dengan smartphone, beberapa bahkan tidak lagi bisa berhenti menggunakannya alias ketergantungan. Hal ini bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan, namun juga bisa mengurangi konsentrasi kerja dan menurunkan produktifitas kerja.

Akan sangat tepat, bila penggunaan alat ini dibatasi, terutama ketika berada di rumah dan tidak bekerja. Meninggalkan smartphone di luar kamar tidur saat beristirahat merupakan keputusan yang tepat.

Selain tidur yang berkualitas, tindakan ini juga akan menghindarkan stres yang akan terjadi terlalu pagi dan cepat mengurusi banyak sekali masalah pekerjaan melalui smarthone.

4. Selalu jaga kesehatan dengan baik

Orang produktif ialah orang yang sehat dan mengerti dengan baik bagaimana menggunakan kemampuannya dengan tepat. Selalu tempatkan kesehatan ini sebagai kebutuhan wajib, termasuk dengan melakukan banyak sekali hal yang dapat pendukungnya, seperti makan teratur dan tepat waktu, olahraga secara teratur, memeriksa kesehatan secara terpola dan yang lainnya.

Bila kesehatan terjaga dengan baik, tubuh dan pikiran akan siap untuk memberikan produktivitas yang terbaik. Selalu ingatlah dengan peribahasa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. (asp)

Loading...

Comments