Emak-emak Luncurkan Buku tentang Prabowo: Gerakan Militan Kaum Hawa

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Emak-emak Luncurkan Buku tentang Prabowo: Gerakan Militan Kaum Hawa

Emak-emak Luncurkan Buku tentang Prabowo: Gerakan Militan Kaum Hawa

KEPONEWS.COM - Emak-emak Luncurkan Buku tentang Prabowo: Gerakan Militan Kaum Hawa Partisipasi politik perempuan di pemilu 2019 diprediksi makin meningkat. Gejala itu tercermin pada kuatnya dukungan pemilih perempuan yang kerap disapa dengan panggilan 'emak-emak' kepada calon presid...
Loading...

Partisipasi politik perempuan di pemilu 2019 diprediksi makin meningkat. Gejala itu tercermin pada kuatnya dukungan pemilih perempuan yang kerap disapa dengan panggilan 'emak-emak' kepada calon presiden Prabowo Subianto.

Dalam buku berjudul Prabowo Subianto dalam 67 Tuturan Emak-emak yang diluncurkan di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta, Sabtu, 23 Maret 2019, terekam betapa keterlibatan perempuan dalam politik ialah sebuah keniscayaan.

"Buku ini menegaskan bahwa emak-emak di kubu 02 itu sudah gerakan militan dan gerakan inti. Ada pernyataan Pak Prabowo yang menyebut 'emak-emak bagi saya ialah injeksi kekuatan', itu benar adanya," kata Imelda Bachtiar, penulis sekaligus penyunting buku itu, di lokasi acara.

Penulisan buku wacana Prabowo oleh para emak-emak, katanya, merupakan bagian dari gerakan literasi yang digagas untuk melestarikan budaya tulis di Tanah Air.

"Buku ini literasi primer. Lewat buku, kisah wacana sosok Prabowo ini tercatat, sumbernya ada. Berbeda dengan status di sosmed, bagaimana pun viralnya, mereka akan hilang. Buku ini juga akan menjadi kabar bagi emak-emak agar lebih mengenal sosok Prabowo," ujar Imelda.

Peluncuran buku berjudul Prabowo Subianto dalam 67 Tuturan Emak-emak di Media Ce

Calon presiden Joko Widodo menghadiri pertempuan Alumni Jogja Satukan Indonesia di Stadion Kridosono, Kotabaru, Kota Yogyakarta, Sabtu 23 Februari 2019.

Jokowi: Jangan Dipikir Gampang Kelola Indonesia

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abhan Misbah

Bawaslu Seilidik Mobil Pelat TNI Angkut Logistik di Kampanye Prabowo

Presiden Joko Widodo bersilaturahmi ke keluarga besar Pesantren Darussalam Timur Watucongol, Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, 23 Maret 2019.

Jokowi Disebut Kiai saat Silaturahmi di Pesantren Magelang

Mengumpulkan tulisan emak-emak lalu dituangkan ke dalam sebuah buku bukan perkara mudah. Penggagas buku Prabowo Subianto, Jasmin K. Setiawan, mengaku menghadapi banyak sekali tantangan saat menyusunnya, salah satunya kesulitan mengumpulkan naskah-naskah yang ditulis oleh 67 emak-emak.

"Yang paling menarik bagi saya merupakan mengumpukan 67 perempuan. Menemui mereka satu per satu. Ada yang cukup pintar, langsung menulis dan langsung mengirim, ada yang dikejar sampai tenggat waktu tiba. Itu usaha tersendiri," kata Jasmin.

Buku itu ditulis untuk menggambarkan kecintaan emak-emak kepada Prabowo dan begitu pula sebaliknya. Buku itu juga mengungkap sepak terjang Prabowo dalam membangun bangsa.

"Buku ini digagas agar masyarakat mengetahui bahwa ada emak-emak yang bisa memberikan pikiran mereka wacana Prabowo Subianto. Banyak di antara penulis ini yang belum pernah bertemu langsung dengan Prabowo, tapi sangat merasakan perhatian beliau. Ada beberapa penulis yang memang sudah lama berkecimpung dengan Prabowo," ujar Jasmin.

Comments