Elon Musk Ingin Perjalanan ke Mars Lebih Murah ketimbang Kuliah

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Elon Musk Ingin Perjalanan ke Mars Lebih Murah ketimbang Kuliah

JAKARTA - CEO SpaceX, Elon Musk, memang memiliki rencana untuk membawa umat manusia melakukan perjalanan ke Mars. Namun sebagaimana yang bisa ditebak, biaya untuk perjalanan itu tak akan ramah kantong.

Oleh karena itu ia pun berharap bahwa suatu ketika biaya itu bisa dipangkas sehingga akan lebih murah dibandingkan biaya kuliah. Keinginan Musk, ditulisnya dalam sebuah artikel yang ia unggah dalam jurnal teknologi ruang angkasa New Space.

BERITA REKOMENDASI

Dikutip dari halaman Ubergizmo, Senin (19/6/2017), Musk memperkirakan akan membawa 12 orang ke Mars untuk memulai perjalanan. Setiap orang yang mengikuti tur tersebut akan dikenai biaya USD10 miliar.

"Jikalau kita bisa mendapatkan biaya pindah ke Mars kira-kira setara harga rumah rata-rata di Amerika Serikat yaitu USD200.000 maka saya pikir kemungkinan untuk membangun peradaban sangat tinggi," kata Musk.

Ia kemudian melanjutkan bahwa ada kemungkinan lain biaya perjalanan ke Mars itu bisa ditekan lebih rendah lagi di bawah USD100.000, sehingga lebih murah dibanding mendapatkan gelar sarjana dari universitas swasta di Amerika Serikat.

Kapan rencana itu akan terwujud? "Bila keadaan berjalan baik, mungkin dalam jangka waktu 10 tahun, tapi saya tidak ingin mengatakan persisnya," ungkap Musk.

Sebagaimana diketahui, rencana Elon Musk untuk bisa terbang ke Mars bukan isapan jempol belaka. Melalui perusahaan SpaceX, ketika ini ia sedang menguji coba penggunaan pesawat ruang angkasa yang telah didaur ulang sehingga bisa menekan biaya operasional.

Elon Musk Ingin Perjalanan ke Mars Lebih Murah ketimbang Kuliah

Comments