Ekspor Perikanan Indonesia Melonjak 24% di Semester I-2019

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Ekspor Perikanan Indonesia Melonjak 24% di Semester I-2019

Ekspor Perikanan Indonesia Melonjak 24% di Semester I-2019

KEPONEWS.COM - Ekspor Perikanan Indonesia Melonjak 24% di Semester I-2019 JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ekspor produk perikanan Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan sendiri terjadi baik dari sisi volume ekspor maupun jumlah negara yang...

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ekspor produk perikanan Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan sendiri terjadi baik dari sisi volume ekspor maupun jumlah negara yang menjadi tujuan ekspornya.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, selama semester I-2019 nilai ekspor produk perikanan Indonesia mencapai Rp40 triliun. Angka ini mengalami kenaikan 24% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai Rp32 triliun.

Ada 2.000 Kapal Nelayan Belum Perpanjang Izin, Pemerintah Kehilangan Rp5 Triliun

Sementara itu, berdasarkan data KKP, pada Januari hingga April untuk periode 2015-2019, nilai ekspor perikanan naik 3,5% per tahun. Sementara, secara volume naik 1,68% per tahun.

Nelayan

Masih di periode yang sama, tren ekspor untuk komoditas udang secara volume naik 4,21%, tuna naik 5,53%, kepiting naik 0,72%, dan untuk kelompok cakalang, sotong, gurita naik 17,72%. Sementara untuk rumput laut turun 1,49%.

Penenggelaman Kapal Ilegal Buat Produksi Perikanan 100% dari Nelayan Dalam Negeri

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP, Rina mengatakan, ekspor produk laut Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut tak terlepas dari upaya yang dilakukan pemerintah untuk memberantas ilegal fishing di perairan Indonesia.

Ekspor Indonesia lebih tinggi 24% kalau berdasarkan data yang resmi lewat BKIPM, ujarnya di Kantor Kementerian KKP, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Selanjutnya

Comments