Eksotisme Senja di Ujung Timur Pulau Jawa

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Eksotisme Senja di Ujung Timur Pulau Jawa

Eksotisme Senja di Ujung Timur Pulau Jawa

KEPONEWS.COM - Eksotisme Senja di Ujung Timur Pulau Jawa VIVA Hanya 60 kilometer, atau tiga jam dari pusat Kota Banyuwangi, kita dapat dengan mudah menemukan Pantai Pulau Merah. Tak hanya jalanan yang sudah terbilang mulus, banyaknya papan petunjuk jug...
Loading...

VIVA Hanya 60 kilometer, atau tiga jam dari pusat Kota Banyuwangi, kita dapat dengan mudah menemukan Pantai Pulau Merah. Tak hanya jalanan yang sudah terbilang mulus, banyaknya papan petunjuk juga sangat memudahkan kita untuk menyambangi pantai yang terletak di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi tersebut.

Meskipun sekelas pantai-pantai di Bali, tetapi harga tiket masuk di pantai ini terbilang bersahabat, adalah hanya Rp8.000 saja.

Sepanjang jalan menuju pantai berpasir putih ini, mata akan dimanjakan dengan hamparan perkebunan Buah Naga, Jambu Kristal, serta Jeruk. Sempatkan mampir untuk membeli buah tersebut, karena akan sangat menyenangkan menikmati buah yang manis dan baru saja dipetik, sambil merasakan tiupan angin yang sepoi-sepoi.

Sebelum berganti nama menjadi Pantai Pulau Merah, dahulu bernama Pantai Ringin Pintu. Ada dua versi yang menyertai bergantinya nama pantai tersebut.

Pertama, nama Pulau Merah merujuk pada bukit setinggi 200 meter yang menjorok dari tepi pantai. Bukit ini mempunyai tanah yang sangat merah, meskipun tidak begitu terlihat karena tertutup banyak sekali vegetasi tumbuhan hijau.

Versi lainnya, dinamakan Pantai Pulau Merah karena banyak masyarakat sekitar yang melihat kilatan cahaya berwarna merah di pantai tersebut.

Pulau Merah yang tak terlihat merah karena rapatnya vegetasi tumbuhan hijau - foto : www./instagram.com/thisiswulanjarii/

Pulau Merah yang tak terlihat merah karena rapatnya vegetasi tumbuhan hijau - foto : www./instagram.com/thisiswulanjarii/

Sangat disarankan datang ke pantai ini di atas pukul 16.00 WIB, menjelang senja tiba. Di waktu ini, air laut akan surut, sehingga kita dapat berjalan kaki menyeberang ke bukit tersebut. Saat menyeberang, sempatkan untuk melihat ke bawah, karena ada banyak sekali biota laut unik yang tertinggal ketika air surut.

Namun, tetap perhatikan keselamatan dengan memakai alas kaki, supaya tidak terluka karena menginjak cangkang atau biota laut yang tertinggal.

Selain berjalan-jalan ke Pulau Merah, kita juga dapat menikmati senja sambil duduk di kursi di pinggir pantai. Kursi berpayung tersebut disewakan dengan harga sekitar Rp25.000,- untuk satu jam.

Kuliner Nusantara

Beras Coklat dalam Menu Vegan Ternyata Mempunyai Beberapa Manfaat

Kuliner dan Kenyamanan adalah Prioritas Staycation    instagram.com/thisiswulanjarii

5 Tips Staycation Hemat dan Menyenangkan

Kuliner Nusantara

Yuk Intip Tips Memilih Katering Pernikahan Berikut Ini

Kuliner Nusantara

Nasi Jeruk, Wanginya Menarik hati!

Ilustrasi Traveling

Suka Traveling, Pengeluaran Milenial Buat Liburan Masih Minim

Ilustrasi liburan.

Pengeluaran Milenial untuk Wisata Masih Rendah

Di sini kita dapat sembari menikmati masakan yang dijajakan di sekitar pantai, seperti Rawon, Rujak Soto, Rujak Bakso, dan lain sebagainya.

Mempunyai ombak setinggi 2-4 meter, sangat tidak disarankan untuk berenang di pantai, apalagi untuk anak kecil. Meski demikian, pantai ini justru menjadi tempat favorit para surfer, terlebih dasar pantai tersebut tak mempunyai banyak karang.

Tidak perlu khawatir kalau tidak membawa papan selancar, karena di pantai yang terhampar sekitar 3 kilometer ini, terdapat beberapa persewaan dengan kisaran harga Rp50.000.

Untuk yang ingin belajar, bisa juga sambil meminta bantuan instruktur, dengan menambah Rp150.000 hingga Rp200.000, untuk biaya jasa instruktur.

Tak hanya surfer lokal, surfer mancanegara pun tak pernah absen menyambangi pantai ini - foto : www.instagram.com/thisiswulanjarii/

Tak hanya surfer lokal, surfer mancanegara pun tak pernah absen menyambangi pantai ini - foto : www.instagram.com/thisiswulanjarii/

Di sekitar areal parkir, terdapat Pura Tawang Alun yang sering digunakan untuk beribadah Umat Hindu. Ada kisah yang cukup menarik dari Pura Tawang Alun, adalah, pura ini merupakan satu-satunya bangunan yang tidak hancur ketika tsunami memporakporandakan seluruh bangunan di daerah ini di Tahun 1994.

Comments