Eksibisi kondisi rumah sakit di medan perang ini gugah sisi humanismu

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Eksibisi kondisi rumah sakit di medan perang ini gugah sisi humanismu

Eksibisi kondisi rumah sakit di medan perang ini gugah sisi humanismu

KEPONEWS.COM - Eksibisi kondisi rumah sakit di medan perang ini gugah sisi humanismu Informasi dari medan perang selalu mengocok emosi, dari marah, haru, hingga sedih. Selanjutnya, akan ada banyak gelombang dukungan dari banyak sekali kalangan. Baik berupa kampanye anti kekerasan dan...

Informasi dari medan perang selalu mengocok emosi, dari marah, haru, hingga sedih. Selanjutnya, akan ada banyak gelombang dukungan dari banyak sekali kalangan. Baik berupa kampanye anti kekerasan dan perang di sosmed, penggalangan sumbangan untuk korban, hingga penggelontoran bantuan militer maupun medis dari banyak sekali pihak.

Sobat pernah membayangkan nggak sih berada di medan perang? Seringnya kamu melihatnya di informasi TV maupun film. Melihat di layar kaca saja sudah bikin perasaanmu campur aduk. Marah dengan kekejaman penyerang, pilu membayangkan luka dan kehilangan para korban.

Nah, sisi humanismu akan semakin tergugah kalau datang ke eksibisi atau pameran yang diprakarsai Dokter Lintas Batas atau Doctors Without Borders (M decins Sans Fronti res/MSF), sebuah organisasi kemanusiaan medis internasional independen yang didirikan di Paris pada 1971.

Semenjak 2015, MSF melaksanakan pameran foto di Indonesia, khususnya di Kota Jakarta. Tahun ini MSF menghadirkan pameran foto yang bertajuk Medicines Not Bombs: A Mock-Up War Zone Hospital Immersive Exhibiton pada 16-20 Mei 2018 mendatang.

Dalam pameran yang akan digelar ketiga kalinya ini, MSF mengajak masyarakat Indonesia lebih dekat melihat kondisi di daerah konflik.

Ada beberapa kegiatan dalam Medicines Not Bombs: A Mock-Up War Zone Hospital Immersive Exhibiton yang akan semakin menggetarkan nuranimu. Apa saja?

Pertama, kamu akan diajak menelusuri sisi-sisi mock-up rumah sakit di zona perang. Mulai dari ruang gawat darurat, ruang farmasi rumah sakit, kondisi rumah sakit porak poranda karena bom, sampai display fotografi dan testimoni pasien dan staf medis di zona konflik yang menjadikan penduduk, staf medis, dan pasien sebagai target serangan.

Kedua, akan ada talkshow yang dipandu Prita Laura, mantan pembawa gosip, dengan topik Lives and Bombs: Keseharian di Medan Perang. Talkshow ini menghadirkan pembicara pekerja kemanusiaan dari MSF, International Committee of the Red Cross (ICRC), dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Mereka akan membuatkan pengalaman terkait topik Keseharian di Medan Perang.

Selain itu juga ada talkshow bertajuk Through the Lens yang menghadirkan fotografer perempuan Indonesia, Adek Berry (pewarta foto AFP) dan anggota lapangan MSF yang pernah melakukan misi di daerah-daerah konflik. Kamu akan mendengar kisah mereka selama di daerah rawan konflik, termasuk cerita fotografer mengabadikan momen di zona perang.

Ketiga, kamu akan diajak nonton film berjudul Medics Under Fire produksi Al Jazeera yang berisi perihal serangan fasilitas kesehatan di medan konflik.

Nah, yang nggak kalah menarik dan mengajakmu lebih merasakan bagaimana berada di medan perang ialah game di Mini Online Game Booth dan sesi foto di Photo Corner.

Tunggu apa lagi, Sobat? Pameran ini terbuka untuk umum dan gratis!

Pada hari pertama, Rabu (16/5) akan ada acara pembukaan yang dihadiri perwakilan Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, dan beberapa pihak terkait. Disusul hari berikutnya talkshow dan nonton film. Tapi untuk menelusuri instalasi suasana rumah sakit yang ada, kamu bisa merasakannya setiap hari selama acara berlangsung.

Yuk, pastikan kamu mengajak teman-teman, keluarga, bahkan pacar datang ke acara Medicines Not Bombs: A Mock-Up War Zone Hospital Immersive Exhibiton di Exhibiton Hall, lantai 5 West Mall Grand Indonesia, Jakarta. Acara dimulai setiap pukul 12.00 hingga 21.00 WIB. Untuk info selengkapnya, kamu bisa cek di sini.

(tin)

Comments