Ekrem Imamoglu: Inikah politikus yang menjadi saingan berat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan?

Internasional

News / Internasional

Ekrem Imamoglu: Inikah politikus yang menjadi saingan berat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan?

Ekrem Imamoglu: Inikah politikus yang menjadi saingan berat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan?

KEPONEWS.COM - Ekrem Imamoglu: Inikah politikus yang menjadi saingan berat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan? Sampai enam bulan lalu, hanya sedikit orang di Turki yang mengetahui Ekrem Imamoglu, pejabat daerah di Beylikduzu, daerah kelas menengah di Istanbul. Tetapi politikus oposisi berumur 49 tahun tersebut...
Loading...

Sampai enam bulan lalu, hanya sedikit orang di Turki yang mengetahui Ekrem Imamoglu, pejabat daerah di Beylikduzu, daerah kelas menengah di Istanbul.

Tetapi politikus oposisi berumur 49 tahun tersebut semenjak saat itu menjadi nama yang dikenal banyak orang.

Dalam pemilihan wali kota Istanbul dia memberikan pukulan berat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berhaluan Islam yang sepertinya tidak terkalahkan.

Imamoglu merupakan anggota Partai Republik Rakyat (CHP) yang beraliran sekuler dan kepopulerannya melonjak setelah dicalonkan bulan Desember lalu menjadi wali kota Istanbul dalam pemilahan kepala daerah di Turki.

Politikus bersuara lembut ini berkampanye dengan berjanji mengatasi korupsi dan mengatasi perpecahan masyarakat yang mendalam.

Erdogan .Getty Images Presiden Erdogan sangat melibatkan diri pada pemilihan wali kota.

Imamoglu memenangkan pemilu Istanbul pada akhir bulan Maret, tetapi setelah AKP melaporkan sejumlah ketidakberesan, Komisi Pemilihan Umum Turki memerintahkan pilkada ulang di kota dengan penduduk 15 juta orang tersebut.

AKP selama ini selalu memandang Istanbul sebagai bentengnya. Tetapi keadaan sudah berubah.

Istanbul

Calon oposisi Turki, Ekrem Imamoglu, berhasil mengumpulkan cukup banyak suara dalam pilkda ulang dan mengambil alih kekuasaan kantor wali kota dari tangan AKP untuk pertama kali dalam 25 tahun.

Imamoglu bahkan meningkatkan suara marginal yang dicapainya pada pemilu sebelumnya.

Pendukung Ekrem Imamoglu.Getty Images Pemerintahan kota Istanbul berubah setelah 25 tahun.

Pusat kekuasaan Turki

Comments