Dunia Arab dalam tujuh grafik: Apakah orang Arab mulai meninggalkan agama?

Internasional

News / Internasional

Dunia Arab dalam tujuh grafik: Apakah orang Arab mulai meninggalkan agama?

Dunia Arab dalam tujuh grafik: Apakah orang Arab mulai meninggalkan agama?

KEPONEWS.COM - Dunia Arab dalam tujuh grafik: Apakah orang Arab mulai meninggalkan agama? Semakin banyak orang Arab menyatakan bahwa mereka tidak lagi relijius, menurut survei terbesar dan paling mendalam yang dilakukan di Timur Tengah dan Afrika Utara. Hal itu ialah salah satu dari sejuml...
Loading...

Semakin banyak orang Arab menyatakan bahwa mereka tidak lagi relijius, menurut survei terbesar dan paling mendalam yang dilakukan di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Hal itu ialah salah satu dari sejumlah temuan wacana perasaan orang Arab akan banyak sekali masalah, dari hak-hak perempuan dan migrasi ke keamanan dan seksualitas.

Lebih dari 25.000 orang di 10 negara dan wilayah Palestina diwawancarai untuk survei ini antara akhir 2018 dan musim semi 2019. Survei dilakukan jaringan riset Arab Barometer untuk BBC News Arab.

Berikut ini beberapa hasilnya.

Grafik menunjukkan bahwa proporsi orang yang mengatakan mereka tidak relijius meningkat di setiap tempat kecuali Yaman sejak 2013.BBC

Semenjak 2013, jumlah orang di seluruh wilayah yang mengidentifikasi diri sebagai "tidak relijius" meningkat dari 8% menjadi 13%. Kenaikan terbesar terjadi pada kelompok usia di bawah 30-an; 18% dari mereka mengidentifikasi diri sebagai tidak relijius, menurut survei. Hanya Yaman yang mengalami penurunan dalam kategori tersebut.

Grafik menunjukkan bahwa kebanyakan orang berpikir bahwa perempuan sebagai kepala negara bisa diterima, tapi berpikir bahwa suami harus menjadi penentu dalam keputusan keluarga.BBC Grafik menunjukkan bahwa kebanyakan orang berpikir bahwa perempuan sebagai kepala negara bisa diterima, tapi berpikir bahwa suami harus menjadi penentu dalam keputusan keluarga.

Kebanyakan orang di seluruh wilayah menyokong hak perempuan untuk menjadi perdana menteri atau presiden; kecuali Aljazair di mana kurang dari 50% dari mereka yang ditanyai setuju perempuan sebagai kepala negara bisa diterima.

Tapi dalam hal kehidupan domestik, kebanyakan - termasuk mayoritas perempuan - percaya bahwa suami harus selalu membuat keputusan akhir dalam keluarga. Hanya di Maroko kurang dari 50% populasi berpikir bahwa keputusan akhir harus selalu ada di tangan suami.

Grafik menunjukkan penerimaan terhadap homoseksualitas kecil atau sangat kecil di seluruh wilayah.BBC

Penerimaan atas homoseksualitas bervariasi, tapi rendah atau sangat rendah di seluruh wilayah. Di Lebanon, meskipun menyandang reputasi lebih liberal secara sosial daripada tetangganya, angkanya 6%.

Pembunuhan demi kehormatan (honour killing) merupakan pembunuhan anggota keluarga oleh kerabatnya sendiri untuk menyelamatkan nama baik keluarga. Biasanya korbannya ialah perempuan.

Grafik menunjukkan bahwa Erdogan lebih populer dari Putin dan Trump.BBC

Setiap tempat yang disurvei menempatkan kebijakan Timur Tengah Donald Trump sebagai yang terakhir ketika membandingkan para pemimpin negara asing ini. Sebaliknya, di tujuh dari 11 tempat yang disurvei, setengah atau lebih menyetujui pendekatan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Comments