Duh! Starlink Milik Elon Musk Hampir Tabrak Satelit Pesaing di Orbit Bumi

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Duh! Starlink Milik Elon Musk Hampir Tabrak Satelit Pesaing di Orbit Bumi

Duh! Starlink Milik Elon Musk Hampir Tabrak Satelit Pesaing di Orbit Bumi

KEPONEWS.COM - Duh! Starlink Milik Elon Musk Hampir Tabrak Satelit Pesaing di Orbit Bumi Satelit Starlink milik Elon Musk dilaporkan hampir menabrak satelit milik OneWeb, perusahaan pesaing yang didukung Inggris bulan lalu. Ini ialah kerugian pertama yang diketahui oleh perusahaan saing...

Satelit Starlink milik Elon Musk dilaporkan hampir menabrak satelit milik OneWeb, perusahaan pesaing yang didukung Inggris bulan lalu.

Ini ialah kerugian pertama yang diketahui oleh perusahaan saingan karena keduanya berlomba membangun jaringan satelit yang bisa mengirimkan internet berkecepatan tinggi ke area pelosok.

OneWeb yang didirikan pada 2012 mengalami kebangkrutan dan dibeli pada tahun lalu dengan investasi bersama dari pemerintah Inggris dan Bharti Global, sebuah perusahaan telekomunikasi India, yang masing-masing menginvestasikan 500 juta dolar AS.

Sementara itu, Musk mendirikan perusahaan roket dan satelit SpaceX pada 2002. Koleksi 1.378 satelitnya bernama Starlink, telah mulai menyediakan broadband untuk beberapa pelanggan di Inggris.

Elon Musk Lengkapi Starship SN15 dengan Internet Starlink

Pada 30 Maret, lima hari setelah OneWeb meluncurkan 36 satelit ke luar angkasa dari Rusia, perusahaan mengatakan bahwa mendapatkan beberapa peringatan dari Skuadron Kontrol Luar Angkasa ke-18 Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat.

Peringatan tersebut memperingatkan para insinyur perihal kemungkinan tabrakan dengan satelit Starlink.

Gambar pengambilan video SpaceX ini menunjukkan Starlink operasional pertama SpaceX selama peluncuran pada Falcon 9 yang digunakan kembali pada 11 November 2019 di Cape Canaveral, Florida. [HO/SPACEX/AFP]Gambar pengambilan video SpaceX ini menunjukkan Starlink operasional pertama SpaceX selama peluncuran pada Falcon 9 yang digunakan kembali pada 11 November 2019 di Cape Canaveral, Florida. [HO/SPACEX/AFP]

Satelit OneWeb beroperasi di orbit yang lebih tinggi daripada Starlink, yaitu pada ketinggian sekitar 1.200 km dibandingkan dengan SpaceX yang berjarak 550 km, sehingga harus melewati jaringan Starlink saat naik.

Salah satu peringatan yang pertama kali dilaporkan oleh The Verge, menunjukkan kemungkinan tabrakan 1,3 persen karena kedua satelit tersebut berada sedekat 60 meter dari satu sama lain.

Kalau satelit bertabrakan di orbit Bumi, insiden itu dapat menyebabkan ratusan keping puing yang berpotensi membahayakan satelit lain di dekatnya.

Perusahaan Indonesia Ini Akan Uji Internet Satelit Starlink dari Elon Musk

Setelah OneWeb menghubungi tim SpaceX, teknisi Musk setuju untuk menonaktifkan sistem penghindaran tabrakan bertenaga AI dari satelit Starlink untuk memungkinkan OneWeb membuat rute baru agar menghindari tabrakan.

Comments