Duduk Terlalu Lama Bisa Bikin Bokong Kendur, Ini Penjelasan Ahli

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Duduk Terlalu Lama Bisa Bikin Bokong Kendur, Ini Penjelasan Ahli

Duduk Terlalu Lama Bisa Bikin Bokong Kendur, Ini Penjelasan Ahli

KEPONEWS.COM - Duduk Terlalu Lama Bisa Bikin Bokong Kendur, Ini Penjelasan Ahli DUDUK terlalu lama telah semenjak lama diketahui dapat membawa masalah bagi kesehatan. Mulai dari peredaran darah tidak lancar, nyeri punggung, hingga mengganggu pertumbuhan tulang. Namun fakta baru t...
Loading...

DUDUK terlalu lama telah semenjak lama diketahui dapat membawa masalah bagi kesehatan. Mulai dari peredaran darah tidak lancar, nyeri punggung, hingga mengganggu pertumbuhan tulang. Namun fakta baru telah terungkap. Ternyata duduk terlalu lama juga bisa menimbulkan masalah bagi penampilan, termasuk bokong kendur.

Spesialis kebugaran, Belinda Norton mengatakan jikalau duduk terlalu lama dapat membuat area di sekitar bokong menjadi kendur. Dalam blog pribadinya, perempuan berusia 41 tahun ini mengungkapkan saat duduk terlalu lama maka otot tidak digunakan secara cukup. Otot yang dimaksud merupakan otot gluteus.

Otot gluteus merupakan otot paling penting karena digunakan untuk kekuatan, mobilitas, stabilitas, postur, dan performa atletik. Bila otot tersebut tidak digunakan secara optimal, Belinda mengatakan hal itu dapat mengembangkan sloppy bottom atau bokong kendur. Selain itu, duduk terlalu lama dapat membuat otot-otot pinggul menegang sehingga panggul tidak dapat digerakkan seperti biasa.

Selain menekan saraf di bagian bawah, kurangnya gerakan di panggul dapat membuat pinggul tidak bisa berputar ke depan dan mengarah ke sakit punggung. Postur tubuh yang buruk ketika duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan rasa sakit di punggung bagian bawah, pinggul, lutut atau pergelangan kaki. Semuanya itu lantaran ada hubungan yang kuat antara nyeri punggung bawah dan otot gluteus yang lemah.

Duduk terlalu lama

Kalau gluteus tidak kuat, seluruh keselarasan tubuh bagian bawah mungkin tidak seimbang. Gluteus lemah menyebabkan masalah di punggung bagian bawah. Saat kaki, punggung, atau keduanya terasa sakit bahkan untuk waktu yang singkat, berarti gluteus dalam kondisi lemah dan tidak aktif sehingga berkontribusi pada masalah punggung, terang Belinda seperti yang Okezone kutip dari The Sun, Kamis (13/6/2019).

Sementara itu, Belinda mengatakan kalau untuk mengembalikan kekuatan gluteus ada beberapa latihan yang bisa dilakukan. Latihan-latihan itu tidak harus dilakukan di gym. Gerakannya antara lain jongkok, clamshell, gluteus bridge, deadlifts, deep squats, lunges, dan step-up.

Belinda memaparkan semakin banyak dan semakin sering gluteus digunakan, maka semakin kecil risiko sakit punggung dan lutut. "Mempunyai glutes yang kuat merupakan kunci untuk bebas dari rasa sakit," paparnya. Jadi, apabila Kamu ingin terhindar dari rasa sakit dan area bokong yang kendur karena duduk terlalu lama, sebisa mungkin latihlah gluteus Kamu dengan gerakan-gerakan yang telah disebutkan.

(dno)

Loading...
Loading...

Comments