Dua Pesawat Berpenumpang Nyaris Tabrakan di Udara

Internasional

News / Internasional

Dua Pesawat Berpenumpang Nyaris Tabrakan di Udara

Dua Pesawat Berpenumpang Nyaris Tabrakan di Udara

KEPONEWS.COM - Dua Pesawat Berpenumpang Nyaris Tabrakan di Udara RUSIA - Seorang penumpang maskapai penerbangan Ryanair mengalami patah pergelangan kaki saat melindungi anaknya ketika pesawat yang ditumpanginya mendadak berubah arah. Pilot pesawat Ryanair dengan no...

RUSIA - Seorang penumpang maskapai penerbangan Ryanair mengalami patah pergelangan kaki saat melindungi anaknya ketika pesawat yang ditumpanginya mendadak berubah arah.

Pilot pesawat Ryanair dengan nomor penerbangan 737 itu terpaksa melakukan manuver drastis untuk menghindari tabrakan dengan pesawat lain yang terlihat di jalurnya.

Insiden ini terjadi pada Minggu (10/2/2019) saat pesawat itu sedang terbang dalam mode 'autopilot' di ketinggian sekitar 11.200 meter di atas Kepulauan Canary, Spanyol, pada pukul 16.38 waktu setempat.

Awalnya, pilot pesawat itu meminta izin menara pengawas untuk turun hingga ke posisi 3.900 meter.

Empat Penghuni dan Seorang Pilot Tewas karena Pesawat Jatuh di Permukiman di California

Saat itu menara pengawas tidak keberatan dengan permintaan pilot.

Namun, saat baru turun sekitar 300 meter, menara pengawas meminta pesawat itu untuk menghentikan proses itu. Alasan perubahan mendadak itu karena sebuah pesawat milik maskapai EasyJet terbang di ketinggian 10.600 meter di daerah yang sama.

"Beberapa detik kemudian pada pukul 16:38:07, menurut data penerbangan, pilot pesawat (Ryanair) memilih model ALT HOLD di panel kontrol untuk mempertahankan ketinggian," demikian sebuah laporan menyebutkan.

"Saat itu pesawat tersebut (Ryanair) sedang melewati FL364 (EasyJet) dengan kecepatan penuh dalam proses penurunan ketinggian," kata seorang penyelidik kecelakaan udara Spanyol.

"Beberapa saat kemudian, menurut data penerbangan, pilot pesawat (Ryanair) memilih mode ALT HOLD di panel kontrol untuk mempertahankan ketinggian," kata penyidik itu.

"Sedetik kemudian pesawat itu melintasi level ketinggian FL363, dan pilot memutuskan untuk menghentikan mode autopilot," lanjutnya.

Dua Pesawat Berpenumpang Nyaris Tabrakan di Udara

Comments