Dua Penyebab Sakit Perut Secara Umum dan Cara Mengatasinya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Dua Penyebab Sakit Perut Secara Umum dan Cara Mengatasinya

Dua Penyebab Sakit Perut Secara Umum dan Cara Mengatasinya

KEPONEWS.COM - Dua Penyebab Sakit Perut Secara Umum dan Cara Mengatasinya Sakit perut sering disebabkan dua hal saja (Depositphotos) Sakit perut yang tajam umumnya terjadi karena kandungan gas tinggi dalam lambung. Menurut sebuah studi dari Centers for Disease and Control,...

Sakit perut sering disebabkan dua hal saja (Depositphotos)

Sakit perut yang tajam umumnya terjadi karena kandungan gas tinggi dalam lambung. Menurut sebuah studi dari Centers for Disease and Control, sakit perut ialah salah satu alasan utama orang mengunjungi ruang gawat darurat selain masalah nyeri pada dada.

Namun, kalau anda tahu penyebabnya mungkin anda bisa meminimalkan rasa sakit. Rasa sakit di perut umumnya karena penyebab yang sangat umum. Kebanyakan sakit perut diakibatkan karena asupan makanan, namun tidak jarang disebabkan karena stres. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa stres memiliki hubungan erat dengan masalah pada usus.

Berikut beberapa masalah perut yang umum terjadi dan cara mengatasinya, seperti dilansir Womenshealthmag, Jumat (10/11).

1. Konstipasi

Sakit perut karena masalah usus juga terkait dengan masalah kostipasi. Saat anda mengalami kostipasi, akan ada sebuah tekanan yang terbentuk di dalam usus besar dan usus kecil anda.

"Ini seperti memperluas balon," kata Rudolph Bedford, M.D., spesialis gastroenterologi di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California.

Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi banyak serat ke makanan Anda, minum suplemen serat, minum banyak cairan, dan berolahraga. Bila itu tidak berhasil, cobalah menggunakan pelunak tinja yang bisa membantu Anda untuk merasa lebih baik.

2. Diare

Jikalau anda mengalami masalah diare, penyebab paling umum ialah gastroenteritis (infeksi pada usus atau perut yang disebabkan oleh beberapa jenis virus dan bakteri). Itu aan menyebabkan kejang pada usus kecil dan usus besar Anda, yang bisa sangat menyakitkan.

"Hidrasi benar - benar hal yang paling penting," kata Rudolph Bedford.

Kalau diare dan sakit perut Anda tidak sembuh, anda bisa berkonsultasi ke dokter atau menggunakan obat diare akut, Immodium AD. Obat itu dapat menghentikan diare dan membuat perut Anda terasa lebih baik dalam prosesnya. Namun, ada baiknya jikalau anda berkonsultasi kepada dokter perihal penggunaan obat tersebut.

(ki / wida)

Comments