Dua Karya Pesawat Terbang N-250 dan R80 Buatan BJ Habibie

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Dua Karya Pesawat Terbang N-250 dan R80 Buatan BJ Habibie

Dua Karya Pesawat Terbang N-250 dan R80 Buatan BJ Habibie

KEPONEWS.COM - Dua Karya Pesawat Terbang N-250 dan R80 Buatan BJ Habibie JAKARTA- BJ Habibie menjadi putra bangsa yang mempunyai segudang prestasi. Karyanya bahkan bisa mengharumkan Indonesia didunia. Sebut saja, pesawat Gatotkaca N-250 yang melakukan penerbangan perdana p...

JAKARTA- BJ Habibie menjadi putra bangsa yang mempunyai segudang prestasi. Karyanya bahkan bisa mengharumkan Indonesia didunia. Sebut saja, pesawat Gatotkaca N-250 yang melakukan penerbangan perdana pada 10 Agustus 1995. Indonesia pun tercatat bisa membuat pesawatnya sendiri.

Tidak hanya itu, Habibie pun mempunyai segudang karya lain. Banyak hasil yang telah diciptakannya seperti helikopter, senjata, kemampuan pelatihan, sampai jasa pemeliharaan bagi mesin-mesin pesawat, amunisi, kapal, tank, panser, senapan kaliber, water cannon, kendaraan RPP-M, kendaraan kombat, dan banyak sekali keperluan sipil serta militer lainnya.

Karya Bapak Teknologi BJ Habibie di Bidang Penerbangan

BJ Habibie Meninggal Dunia, Netizen Ramaikan Tagar #bjhabibie dan #indonesiaberduka

Tidak hanya di dalam negeri, Habibie juga dipercaya melakukan proyek berskala internasional di luar negeri. Habibie pernah terlibat dalam proyek desain serta konstruksi pesawat terbang seperti Fokker F 28, Transall C-130, Hansa Jet 320, Air Bus A-300, pesawat transport DO-31, CN-235, serta CN-250.

Keterlibatannya dalam dunia teknologi menjadikan alumnus Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen, Jerman ini dikenal sebagai Bapak Teknologi.

Pesawat R80

BJ Habibie juga mengembangkan ide pembuatan pesawat R80 buatan Indonesia. Program R80 akan memberdayakan industri potensial dan lembaga kedirgantaraan nasional di Indonesia dan juga membangun rantai suplai sambungan internasional.

Pesawat R80 sudah masuk tahap perincian prototipe yang bisa memakan waktu hingga dua tahun. Kemudian, penerbangannya akan dilakukan per daerah, seperti dari Padang ke Palembang.

Pencapaian Besar BJ Habibie di Bidang Teknologi dan Penerbangan

BJ Habibie Wafat, Netizen Berduka di Twitter

Saat ini Ide A Habibie, putra BJ Habibie menjadi Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama yang akan segera mengembangkan pesawat R80 sesuai ide dari BJ Habibie. Pesawat ditargetkan untuk diproduksi masal pada 2021-2023

Menurut Wangsit, dalam jangka pendek fokus pengembangan ialah pada pesawat jenis R80. Ditargetkan, pesawat jenis ini dapat menembus pasar ASEAN. Hanya saja, belum terdapat rencana penjualan ke Eropa.

(ahl)

Comments