Dua cerita legenda asli Indonesia hadir di film Upin Ipin The Movie

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Dua cerita legenda asli Indonesia hadir di film Upin Ipin The Movie

Dua cerita legenda asli Indonesia hadir di film Upin Ipin The Movie

KEPONEWS.COM - Dua cerita legenda asli Indonesia hadir di film Upin Ipin The Movie Petualangan si kembang Upin dan Ipin yang dituangkan dalam film Upin Ipin The Movie ini menjadi tontonan yang sangat menarik, khususnya untuk anak-anak. Tak heran bila penayangannya yang bari beberapa...

Petualangan si kembang Upin dan Ipin yang dituangkan dalam film Upin Ipin The Movie ini menjadi tontonan yang sangat menarik, khususnya untuk anak-anak. Tak heran bila penayangannya yang bari beberapa hari di bioskop Indonesia ini mendapat animo yang sangat tinggi dari masyarakat.

Menariknya film animasi wacana petualangan si kembar Upin dan Ipin tersebut, memasukkan unsur cerita rakyat populer. Tidak tanggung-tanggung, ada dua cerita rakyat yang sudah familiar di indera pendengaran masyarakat Indonesia, Bawang Merah Bawang Putih dan Malin Kundang.

Upin © 2019

Dalam petualangannya menyelamatkan Kerajaan Inderaloka, Upin dan Ipin bertemu dengan ibu dari Malin Kundang. Sang ibu tengah menyesali sumpahnya pada sang anak, sehingga menjadi batu. Di lain tempat, Upin dan Ipin pun bertemu dengan Bawang Merah yang menceritakan hubungannya dengan Bawang Putih yang tak akur.

Sutradara Upin Ipin The Movie, Syed Nurfaiz Khalid, mengatakan masuknya unsur cerita rakyat yang dikenal di Tanah Air itu, hanya merupakan bagian dari pelengkap cerita fantasi petualangan Upin dan Ipin.

Upin © 2019

"Ini cerita fantasi dengan memasukkan unsur-unsur cerita yang ada di Nusantara seperti cerita Malin Kundang, versi Malaysia-nya merupakan Si Tanggang. Cerita Bawang Merah Bawang Putih, hanya saja untuk versi ini yang baik justru Bawang Merahnya. Jadi ini benar-benar cerita rekaan, fantasi dan bukan cerita yang menitikberatkan sisi legendanya," ujar Syed Nurfaiz Khalid yang akrab disapa Faiz kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Hadirnya cerita rakyat populer itu tentu menambah warna cerita Upin Ipin: Keris Siamang Tunggal. Selain animasinya yang diklaim mempunyai kualitas tak jauh dari film animasi produk Hollywood, banyak pesan moral yang disampaikan dari keluguan si kembar Upin dan Ipin.

Sementara itu, Promo and Strategic Planner Division Head MNCP, Chandra Sapta Surya, mengatakan film ini sangat cocok ditonton oleh keluarga Indonesia untuk mengisi bulan Ramadan lebih menyenangkan.

"Upin Ipin Keris Siamang Tunggal merupakan tontonan berbobot yang sangat pas untuk menjadi tontonan keluarga, apalagi di bulan Ramadan ini. Sebuah hiburan yang bermanfaat untuk anak-anak, sepulang sekolah sambil ngabuburit menunggu saat berbuka puasa tiba," pungkasnya.

Recommended By Editor

Comments