Dua anak muda ini siap bersaing di ajang desain bergengsi di Harvard

Nasional

News / Nasional

Dua anak muda ini siap bersaing di ajang desain bergengsi di Harvard

Dua anak muda ini siap bersaing di ajang desain bergengsi di Harvard

KEPONEWS.COM - Dua anak muda ini siap bersaing di ajang desain bergengsi di Harvard Indonesia tak pernah kehabisan talenta berbakat di banyak sekali bidang termasuk desain. Terbukti, dua peraih penghargaan Asia Young Designer Awards (AYDA) Indonesia 2019/2020 siap bersaing di ajang A...

Indonesia tak pernah kehabisan talenta berbakat di banyak sekali bidang termasuk desain. Terbukti, dua peraih penghargaan Asia Young Designer Awards (AYDA) Indonesia 2019/2020 siap bersaing di ajang Asia Young Designer of the Year di Harvard Graduate School of Design, Amerika Serikat dengan 14 negara lain untuk memerebutkan beasiswa senilai USD 10 ribu.

Kedua desainer muda itu ialah Febri Aji Prasetyo dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dan Greta Elsa Nurtjahja dari Universitas Pelita Harapan. Kedua anak muda ini menjadi duta Indonesia di ajang bergengsi itu setelah sebelumnya meraih Gold Award AYDA Indonesia pada acara Grand Finals AYDA Indonesia, baru-baru ini.

Sebagai peraih gold winner, selain menjadi duta Indonesia di ajang Asia Young Designer of the Year, mereka juga mendapatkan hadiah berupa uang tunai masing-masing Rp 20 juta, kesempatan magang di perusahaan Arsitek dan desain interior ternama.

Desainer Muda © 2020

Di ajang yang sudah digelar selama tujuh tahun berturut-turut ini, Febri meraih gold winner untuk kategori arsitektur. Sementara Greta di bidang desain interior. Ajang AYDA Indonesia 2019/2020 ini memberikan penilaian pada total 486 karya dari 26 universitas di seluruh Indonesia.

Kompetisi ini menjadi sebuah ajang yang sangat menarik dan seru bagi generasi muda, karena mendapatkan ilmu, inspirasi, dan pengalaman yang luar biasa. Saya berharap setelah mengikuti kompetisi bergengsi ini, saya dapat memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat Indonesia di masa mendatang, papar Febri.

Tim Juri menyatakan juara AYDA Indonesia 2019/20 dipilih berdasarkan karya yang selaras dengan tema serta desain yang merefleksikan masa depan yang berkelanjutan, namun tidak melupakan nilai budaya dan unsur ramah lingkungan.

Tahun ini, AYDA mengusung tema Forward: A Sustainable Future yang mengarahkan para peserta mempunyai kemampuan menjawab banyak sekali tantangan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan sekitar.

CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia Jon Tan mengatakan ajang ini sebagai upaya menciptakan generasi muda Indonesia yang bisa menjawab banyak sekali tantangan lingkungan alam, sosial, persaingan global. Dengan meningkatkan keterampilan hard skill maupun soft skill, sehingga bisa menghasilkan karya karya nyata bagi masyarakat, ujar Jon Tan.

Desainer Muda © 2020

Sibarani Sofian, Juri AYDA Indonesia 2019/20 sekaligus juara Sayembara Desain Ibu Kota Negara mengungkapkan, dalam mengembangkan industri arsitektur dan desain interior saat ini, penting bagi para desainer muda untuk mempunyai skill yang lebih menyeluruh, dimulai dari kemampuan sketching, menguasai teknologi, dan memahami material, sosial, ekonomi, budaya.

"Sangat beruntung bagi para peserta AYDA yang diberikan serangkaian aktivitas dengan konsep Nurturing through Mentoring, sehingga mereka dapat memperoleh coaching langsung dari para praktisi," pungkas Sibarani.

Dengan konsep tersebut mereka disiapkan untuk dapat menguasai banyak sekali kemampuan sebelum akhirnya dapat merancang sebuah desain secara cermat dan komprehensif.

Recommended By Editor

Comments