DPR AS Sampaikan Artikel Pemakzulan Mantan Presiden Donald Trump ke Senat

Internasional

News / Internasional

DPR AS Sampaikan Artikel Pemakzulan Mantan Presiden Donald Trump ke Senat

DPR AS Sampaikan Artikel Pemakzulan Mantan Presiden Donald Trump ke Senat

KEPONEWS.COM - DPR AS Sampaikan Artikel Pemakzulan Mantan Presiden Donald Trump ke Senat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) telah mempresentasikan berita pemakzulan terhadap mantan Presiden Donald Trump ke Senat pada Senin (25/1/2021) waktu setempat. Langkah ini juga secar...

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) telah mempresentasikan berita pemakzulan terhadap mantan Presiden Donald Trump ke Senat pada Senin (25/1/2021) waktu setempat.

Langkah ini juga secara resmi menandai pergerakan persidangan Senat, yang dijadwalkan pada bulan depan.

Mengutip Al Jazeera, sembilan manajer DPR yang ditunjuk Ketua DPR AS Nancy Pelosi menyerahkan dokumen pemakzulan ke Senat pada Senin malam (25/1/2021).

Berita tersebut menuduh Trump mengasut pemberontakan, sehubungan dengan penyerbuan para pendukungnya, yang menewaskan lima orang, termasuk anggota kepolisian di Capitol Hill, Washington, DC pada 6 Januari 2021 lalu.

DPR AS Kirim Tuntutan Pemakzulan Donald Trump ke Senat

Senator Partai Republik: Sidang Pemakzulan Kedua Trump Dapat Picu Lebih Banyak Pemakzulan

Foto Ketua DPR Nancy Pelosi (D-CA). Terbaru, DPR AS telah mempresentasikan artikel pemakzulan terhadap mantan Presiden Donald Trump ke Senat pada Senin (25/1/2021) waktu setempat.Foto Ketua DPR Nancy Pelosi (D-CA). Terbaru, DPR AS telah mempresentasikan berita pemakzulan terhadap mantan Presiden Donald Trump ke Senat pada Senin (25/1/2021) waktu setempat. (Tasos Katopodis / POOL / AFP)

Sebelumnya, DPR memakzulkan Trump pada 13 Januari 2020 dengan tuduhan yang sama, ini menjadikannya presiden pertama dalam sejarah AS yang dimakzulkan dua kali.

Salah seorang anggota Perwakilan, Jamie Raskin, seorang sarjana konstitusi dan salah satu manajer DPR yang akan bertindak sebagai jaksa dalam persidangan Senat terhadap Trump, membacakan berita pemakzulan dengan lantang ke Majelis Tinggi pada Senin.

"Presiden Trump berulang kali mengeluarkan pernyataan palsu, yang menyatakan bahwa hasil pemilihan presiden ialah produk dari penipuan yang meluas dan tidak boleh diterima oleh rakyat Amerika, atas disertifikasi oleh pejabat negara bagian atau federal," kata Raskin.

Upaya Pemakzulan Donald Trump Jalan Terus Meski Sudah Lengser

Sidang Pemakzulan Kedua Donald Trump Digelar 8 Februari, Mayoritas Republik Tak Ingin Trump Dihukum

Pendukung Presiden AS Donald Trump bentrok dengan polisi Capitol AS selama kerusuhan di Capitol AS pada 6 Januari 2021, di Washington, DC.Pendukung Presiden AS Donald Trump bentrok dengan polisi Capitol AS selama kerusuhan di Capitol AS pada 6 Januari 2021, di Washington, DC. (ALEX EDELMAN / AFP)

Butuh Dua Pertiga Suara untuk Memakzulkan Trump

Langkah formal ini memulai fase persidangan dari proses pemakzulan, di mana semua 100 senator akan duduk sebagai juri untuk mendengarkan bukti dan argumen hukum dari manajer DPR dan tim pembela Trump.

Untuk dihukum, Senat harus mendapatkan dua pertiga mayoritas atas tuduhan pemakzulan.

Comments