Doyan Membekukan Jus di Freezer? Ini Manfaat Sehatnya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Doyan Membekukan Jus di Freezer? Ini Manfaat Sehatnya

Doyan Membekukan Jus di Freezer? Ini Manfaat Sehatnya

KEPONEWS.COM - Doyan Membekukan Jus di Freezer? Ini Manfaat Sehatnya Jakarta - Membekukan jus di freezer bisa membuat rasa jus menjadi lebih nikmat karena berbentuk es. Nah, ilmuwan menemukan bahwa selain rasanya yang tambah enak, membekukan jus di freezer juga menamba...
Jakarta - Membekukan jus di freezer bisa membuat rasa jus menjadi lebih nikmat karena berbentuk es. Nah, ilmuwan menemukan bahwa selain rasanya yang tambah enak, membekukan jus di freezer juga menambah manfaat sehatnya.

Peneliti dari University of Seville, Spanyol, menyebut dengan membekukan jus buah lalu mencairkannya lagi sebelum diminum, kadar antioksidannya mengalami penambahan.

Tak hanya itu, antioksidan yang berasal dari jus buah beku dan dicairkan kembali juga lebih mudah diserap tubuh. Antioksidan bernama carotenoid ini memiliki banyak manfaat, mulai dari mencegah kanker, memperbanyak kadar vitamin A, dan juga baik untuk sistem kekebalan tubuh.

"Ketika dibekukan, konsentrasi carotenoid pada jus memang lebih sedikit daripada jus segar. Namun jikalau jus beku tersebut dicairkan kembali, maka ada perubahan ukuran partikel yang menjadi lebih kecil, sehingga membuatnya lebih mudah diserap oleh usus," ujar peneliti Paula Mapelli, dikutip dari Daily Mail.

Kadar carotenoid pada jus segar memang ditemukan lebih banyak. Namun peneliti lainnya, Antonio Melendez menyebut tak semua carotenoid pada jus segar mudah diserap oleh tubuh.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Functional Food ini, peneliti juga mengatakan proses pasteurisasi (menghangatkan cairan untuk membunuh bakteri) tidak disarankan untuk jus. Sebabnya, carotenoid justru hancur dan warna jus akan berubah.

(mrs/up)
Doyan Membekukan Jus di Freezer? Ini Manfaat Sehatnya
Loading...

Comments