Dorong Potensi Lokal, Nex-BE Fest Kolaburasi BUMN - Startup Tembus Rp 2,4 Triliun

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Dorong Potensi Lokal, Nex-BE Fest Kolaburasi BUMN - Startup Tembus Rp 2,4 Triliun

Dorong Potensi Lokal, Nex-BE Fest Kolaburasi BUMN - Startup Tembus Rp 2,4 Triliun

KEPONEWS.COM - Dorong Potensi Lokal, Nex-BE Fest Kolaburasi BUMN - Startup Tembus Rp 2,4 Triliun Acara tahunan Next Billion Ecosystem Festival (Nex-BE Fest) besutan MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) di bawah Telkom Group, merupakan kolaburasi BUMN dan 32 startup pada tahun ini pecahk...

Acara tahunan Next Billion Ecosystem Festival (Nex-BE Fest) besutan MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) di bawah Telkom Group, merupakan kolaburasi BUMN dan 32 startup pada tahun ini pecahkan rekor.

Penyelenggaraan Nex-BE Fest memfasilitasi nilai sinergi antara startup dan BUMN hingga mencapai Rp2,4 triliun.

Tahun ini, jumlah partisipan meningkat 3,2 kali lipat, pertemuan usaha meningkat 5,4 kali lipat, dan nilai sinergi meningkat 2,7 kali lipat dari awal penyelenggaraannya.

Budi Setyawan Wijaya selaku Chief Strategy Officer Telkom Group membuka acara Nex-BE Fest Telkom Group 2022.

Program Startup Studio Indonesia Sudah Luluskan 80 Perusahaan Rintisan

Startup-startup digital yang telah memperoleh pendanaan dari MDI Ventures dan TMI, dipertemukan dengan banyak sekali anak perusahaan Telkom Group dan perusahaan BUMN lainnya untuk menggali potensi sinergi baru.

Budi Setyawan Wijaya memberikan bahwa dalam pembangunan ekosistem digital Indonesia, sangat penting memperhatikan sinergi antar perusahaan BUMN serta memanfaatkan kekuatan kolektif aset dan kapabilitas BUMN untuk mensupport startup-startup digital Indonesia dan juga value creation pada project-project skala nasional yang ditangani oleh BUMN.

"Nex-BE Fest 2022 muncul untuk memberikan kepastian di masa industri teknologi penuh ketidakpastian agar potensi peningkatan digital ekonomi Indonesia tercapai dan memberikan manfaat bagi seluruh stakeholder khususnya masyarakat Indonesia," ujarnya.

Nex-BE Fest, kolaburasi BUMN dengan startup, dorong potensi lokal. [Telkom]Nex-BE Fest, kolaburasi BUMN dengan startup, dorong potensi lokal. [Telkom]

Sampai saat ini, jumlah investasi Telkom ke startup digital telah mencakup lebih dari 80 perusahaan dari 12 negara, dengan total komitmen aset kelolaan mencapai 830 juta dolar atau setara dengan 12 triliun rupiah melalui MDI Ventures dan TMI.

Dalam berinvestasi, Telkom menargetkan startup yang mempunyai future value dan synergy value yang tinggi untuk pengembangan produk-produk digital Telkom Group.

Taktik Startup Alterstay Hadapi Tengah Kritis Industri Pariwisata

Seringkali, interaksi startup-BUMN mengarah juga pada pengembangan inovasi barang/jasa yang baru. Melalui interaksi, ide terbentuk dan titik-titik yang sebelumnya tidak berhubungan terhubung, mengarah ke buatan inovasi yang baru," ungkap Donald Wihardja, selaku CEO MDI Ventures.

Dia menambahkan, hal ini membuktikan bahwa bila tidak terjadi matchmaking dan akan tetap dibantu agar ada interaksi antara startup dan BUMN dan dari situ akan lahir banyak inovasi baru.

Pemerintah Indonesia terus mendorong BUMN dari banyak sekali sektor untuk menggali peluang sinergi, kolaborasi, dan inovasi dengan startup.

Hingga saat ini, baru tercatat lima BUMN yang mempunyai perpanjangan tangan modal ventura dan aktif berinvestasi di startup lokal.

Ajang berkelanjutan seperti Nex-BE Fest diharapkan dapat mendorong perusahaan BUMN lainnya untuk memperluas pengembangan bisnisnya melalui proses sinergi dengan startup-startup yang berpotensial, agar dapat menyokong perkembangan ekonomi digital Indonesia.

Comments