Dokter Ungkap Cara Cegah Hewan Peliharaan Terinfeksi Covid-19

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Dokter Ungkap Cara Cegah Hewan Peliharaan Terinfeksi Covid-19

Dokter Ungkap Cara Cegah Hewan Peliharaan Terinfeksi Covid-19

KEPONEWS.COM - Dokter Ungkap Cara Cegah Hewan Peliharaan Terinfeksi Covid-19 SUDAH bukan rahasia lagi bahwa hewan juga bisa terinfeksi covid-19. Kasus terbaru terjadi di Indonesia, di mana dua harimau sumatera yang berada di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta sempat positi...

SUDAH bukan rahasia lagi bahwa hewan juga bisa terinfeksi covid-19. Kasus terbaru terjadi di Indonesia, di mana dua harimau sumatera yang berada di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta sempat positif covid-19.

Pakar kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19 Muhamad Fajri Adda'i mengatakan sudah ada beberapa kasus hewan terinfeksi virus corona. Mulai cerpelai, harimau, singa, gorila, musang, hingga anjing atau kucing peliharaan.

2 Harimau di Ragunan Terinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Pakar Kesehatan

"Hewan itu bisa tertular dari manusia, termasuk hewan peliharaan juga bisa kena. Tetapi, hewan peliharaan itu belum tentu bisa menularkannya kepada manusia. Sejauh ini belum ada buktinya," kata dr Fajri saat dihubungi MNC Portal baru-baru ini.

Ilustrasi hewan anjing. (Foto: Ubergizmo)

Dia menyarankan para pemilik hewan peliharaan lebih berhati-hati lagi dalam merawatnya di rumah. Terutama bagi pemilik yang mengalami gejala covid-19 maupun sedang berada di zona merah.

"Kalau lagi sakit covid, atau lagi outbreak, atau kita lagi berada di zona merah, ya kita memperlakukan hewan peliharaan kita seperti anak, harus hati-hati. Kita pakai masker, jangan dekat-dekat dengan hewan peliharaan, karena mereka bisa tertular juga," jelas dr Fajri.

2 Harimau di Ragunan Positif Covid-19, Ini Gejala yang Bisa Dirasakan

Selain memakai masker, hal penting lainnya merupakan menjaga kebersihan saat berinteraksi dengan hewan peliharaan. Misalnya, mencuci tangan terlebih dulu sebelum memberinya makan atau memakai sarung tangan bersih.

"Jangan sembarang pegang hewan. Kemudian kalau kita mau memberi makan ke hewan peliharaan, sebelumnya cuci tangan juga. Intinya, lebih mengurangi kontak, apalagi kalau kita bergejala, disarankan pakai masker juga," jelasnya.

Comments