Dokter SpKK Ungkap Cara Memelihara Ketahanan Skin Barrier dari Luar dan Dalam, Bikin Wajah Makin Glowing!

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Dokter SpKK Ungkap Cara Memelihara Ketahanan Skin Barrier dari Luar dan Dalam, Bikin Wajah Makin Glowing!

Dokter SpKK Ungkap Cara Memelihara Ketahanan Skin Barrier dari Luar dan Dalam, Bikin Wajah Makin Glowing!

KEPONEWS.COM - Dokter SpKK Ungkap Cara Memelihara Ketahanan Skin Barrier dari Luar dan Dalam, Bikin Wajah Makin Glowing! Memelihara ketahanan kulit atau skin barrier menjadi kunci utama mempunyai kulit sehat dan glowing. Salah satunya dengan memakai produk perawatan kulit atau skincare....

Memelihara ketahanan kulit atau skin barrier menjadi kunci utama mempunyai kulit sehat dan glowing. Salah satunya dengan memakai produk perawatan kulit atau skincare.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Widodo Astasari mengatakan, merawat skin barrier tidak hanya bisa dilakukan dari luar, tapi juga perlu dari dalam. Salah satunya menjaga pola hidup dan mengendalikan stres.

Ilustrasi kulit sehat dan glowing (Pexels.com/Ron Lach)Ilustrasi kulit sehat dan glowing (Pexels.com/Ron Lach)

Pun dengan memilih bahan-bahan untuk menjaga kulit, misalnya dengan memilih bahan alami yang disediakan langsung oleh alam.

Salah satu alternatif produk perawatan kulit untuk skin barrier yang baik ialah penggunaan produk yang berasal dari bahan-bahan alami, seperti ekstrak tumbuh-tumbuhan," ujar dr. Arini dalam peluncuran The Body Shop Edelweiss di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2022).

Kulit Wajah Tetap Sehat dan Kenyal, Biasakan Konsumsi 4 Jenis Buah Ini

Dokter yang juga anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) ini juga memaparkan cara melawan kulit bermasalah karena stres.

Selain tetap memakai skincare, coba atasi juga stres dengan memperbaiki pola tidur dan mengurangi beban pekerjaan.

"Memelihara ketahanan kulit dan bebas dari stres pada kulit menjadikan kulit kita lebih sehat, halus, dan terasa kenyal. Produk-produk dengan kandungan antioksidan juga dapat mengurangi proses oksidasi pada kulit," terangnya.

dr. Arini Widodo Astasari (Ist)dr. Arini Widodo Astasari (Ist)

Selain skincare, bisa juga dengan melakukan kegiatan untuk menurunkan stres seperti berolahraga, lakukan hal yang disukai, atau sekedar yoga dan meditasi.

"Praktek-praktek seperti mindfulness, self-love, dan peduli terhadap kesehatan mental juga sangat diharapkan untuk ketahanan kulit dari dalam , tutup dr. Arini.

Ini Tiga Sumber Paparan yang Berisiko Bagi Kulit, Begini Cara Mengatasinya

Mindfullness ialah kemampuan manusia untuk sepenuhnya muncul atau sadar di saat ini. Artinya, menyadari apa yang sedang terjadi, apa yang sedang dilakukan, dan tidak kewalahan dengan pikiran, perasaan, dan lingkungan sekitarnya.

Sedangkan self love merupakan mencintai diri sendiri, tetapi bukan berarti memenuhi diri dengan segala keinginan. Self love mengharuskan kita untuk memperlakukan dan mendapatkan diri sendiri dengan baik dan apa adanya. Selain itu juga merupakan aspek penting dari kesehatan mental.

Comments