Dokter Bagikan Tips Cegah Bau Mulut Selama Pakai Masker saat Puasa

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Dokter Bagikan Tips Cegah Bau Mulut Selama Pakai Masker saat Puasa

Dokter Bagikan Tips Cegah Bau Mulut Selama Pakai Masker saat Puasa

KEPONEWS.COM - Dokter Bagikan Tips Cegah Bau Mulut Selama Pakai Masker saat Puasa MEMAKAI masker selama puasa ternyata bisa menyebabkan bau mulut lebih parah. Ini karena mulut cenderung makin kering sehingga memperparah penumpukan bakteri di rongga mulut. "Dengan pemikiran itu, sel...

MEMAKAI masker selama puasa ternyata bisa menyebabkan bau mulut lebih parah. Ini karena mulut cenderung makin kering sehingga memperparah penumpukan bakteri di rongga mulut.

"Dengan pemikiran itu, selama Ramadhan, semua dokter gigi meminta orang-orang, terutama mereka yang berpuasa, untuk menjadikan kesehatan mulut sebagai prioritas utama," kata Dokter Megan Murray, ahli kebersihan mulut asal Dubai, seperti dikutip dari Gulfnews, Senin (19/4/2021).

Benarkah Pakai Masker saat Puasa Sebabkan Bau Mulut Lebih Parah?

Sementara Dokter Chandan Bagde, ortodontis estetika asal Jumeirah Dubai, menyokong pernyataan tersebut.

"Pemakaian masker yang terus-menerus selama puasa, saat berada di luar, memicu bau mulut yang merajalela, penumpukan plak di permukaan gigi. Begitu kita menambahkan perut lapar ke dalamnya, itu juga menyebabkan refluks asam di mana asam di perut dimuntahkan ke dalam rongga mulut dengan berjam-jam tanpa makanan, menyebabkan bakteri berkembang biak dengan mudah," jelasnya.

Ilustrasi bau mulut. (Foto: Wayhomestudio/Freepik)

Menurut dia, masyarakat perlu mewaspadai kebersihan mulut sebelum melaksanakan puasa Ramadhan.

"Kalau Kamu menderita masalah gigi seperti gigi berlubang atau sakit gigi yang membutuhkan pencabutan, disarankan untuk menyelesaikannya terlebih dahulu. Ada dua alasan untuk itu. Pembersihan plak, mengendalikan peradangan atau infeksi sebelum menjalankan puasa akan berarti kesehatan gigi yang lebih baik dan membantu menjaga standar kebersihan mulut yang lebih tinggi," paparnya.

8 Cara Sederhana Hilangkan Bau Mulut saat Puasa

Selain itu pada sebagian besar prosedur, seseorang diharuskan minum obat pengontrol infeksi yang tidak mungkin dilakukan saat puasa.

"Oleh karena itu, disarankan mengunjungi dokter gigi dan menjaga standar kebersihan gigi yang baik. Hal ini terutama dianjurkan bagi penderita diabetes, penderita hipertensi dan lainnya yang menderita sindrom metabolik lainnya, yang berencana menjalankan puasa karena mempunyai kekebalan yang buruk dan lebih rentan terhadap radang gusi," ujarnya.

Comments