DJI Hadirkan Solusi Drone LIDAR, Terintegrasi Kamera Full Frame

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

DJI Hadirkan Solusi Drone LIDAR, Terintegrasi Kamera Full Frame

DJI Hadirkan Solusi Drone LIDAR, Terintegrasi Kamera Full Frame

KEPONEWS.COM - DJI Hadirkan Solusi Drone LIDAR, Terintegrasi Kamera Full Frame Produk Baru DJI, drone kemersial solusi LIDAR. (DJI) DJI, nama besar dalam industri drone komersial dan teknologi pencitraan udara menghadirkan dua produk barunya. Keduanya dirancang untuk efisiensi t...

Produk Baru DJI, drone kemersial solusi LIDAR. (DJI)

DJI, nama besar dalam industri drone komersial dan teknologi pencitraan udara menghadirkan dua produk barunya. Keduanya dirancang untuk efisiensi tinggi, akurasi tinggi, survei, dan pemetaan.

Adalah DJI Zenmuse L1, sistem LIDAR tingkat survei, dan DJI Zenmuse P1, kamera fotogrametri kelas atas, yang diklaim akan menjadi game-changer untuk industri. Tentu ada alasasnya.

Adalah karena menghadirkan efisiensi yang ditingkatkan secara signifikan dalam akuisisi data udara dengan akurasi tinggi; dengan biaya yang sangat terjangkau; tanpa mengorbankan kualitas data yang dikumpulkan untuk survei drone dan persyaratan pemetaan yang tepat.

Diluncurkan bersama dengan Halo Robotics, penyedia peralatan dan layanan drone komersial terbesar di Indonesia, rangkaian teknologi baru DJI akan dapat diakses sepenuhnya oleh para perusahaan dan organisasi pemerintah di seluruh Indonesia.

Dengan penggunaan teknologi drone yang meningkat pesat di seluruh ekonomi terbesar di Asia Tenggara, sektor-sektor utama yang memperoleh keuntungan signifikan dari alat survei terbaru DJI termasuk Oil & Gas, Pertambangan, Pertanian, Konstruksi, Listrik, dan Infrastruktur Kritis.

"Kedua payload baru ini merupakan solusi lengkap yang kuat untuk akuisisi data geospasial yang akurat dan dengan harga yang sangat terjangkau untuk menyokong penggunaan dan implementasi skala besar," ungkap Johannes Soekidi, Managing Director Halo Robotics, partner resmi DJI Enterprise di Indonesia.

"LIDAR merupakan sistem pencitraan berbasis laser yang hingga umumnya mempunyai harga terlalu mahal bagi banyak perusahaan, dan di sisi lain, memakai akuisisi citra fotografi sebagai metode alternatif untuk survei udara juga membutuhkan jenis kamera yang sangat spesifik. Zenmuse L1 merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi banyak perusahaan, karena sensor LIDAR dengan harga terjangkau dan spesifikasi tinggi yang dapat sepenuhnya terintegrasi langsung pada drone komersial terbaik dari DJI, dan sementara itu, Zenmuse P1 memenuhi persyaratan utama untuk pengumpulan data fotografi tingkat survei sistematis, sekali lagi dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi yang mumpuni. Ini benar-benar titik balik bagi industri drone komersial, dengan harga yang terjangkau untuk pasar industri yang luas dan teknologi canggih, akan sangat memberikan nilai tinggi untuk para usaha dan industri yang memakai drone."

DJI Zenmuse L1 - Solusi LIDAR Pertama DJI untuk Survei Udara

DJI Zenmuse L1. (DJI)DJI Zenmuse L1. (DJI)

Dalam industri survei udara, teknologi LIDAR memainkan peran penting sebagai pemindai laser 3D yang bisa menangkap area atau struktur dengan tingkat akurasi yang luar biasa tinggi.

Pemindai laser mengirimkan pancaran laser - ratusan ribu titik per detik - dan setiap titik mempunyai posisinya sendiri dalam ruang 3 dimensi. "Point cloud" yang dihasilkan, kalau digabungkan, sangat mirip dengan model terkomputerisasi dari area dunia nyata atau aset yang dipindai, dengan tingkat akurasi lokasi geospasial yang sangat baik.

Peta dan model LIDAR kemudian dapat digunakan dalam perangkat lunak umum untuk menganalisis dan membuat pengukuran, dengan software penggunaan yang beragam di banyak sekali industri, dari kehutanan dan pertanian; untuk pertambangan; minyak & gas serta heavy-industry.

Zenmuse L1 mengintegrasikan modul Livox LIDAR yang kuat namun sangat ringan dengan FOV 70 , IMU akurasi tinggi, bersama dengan kamera 20MP dengan sensor CMOS 1 inci dan shutter mekanis pada gimbal stabil 3-axis.

Dengan menghamparkan nilai warna RGB kamera di atas titik laser, Zenmuse L1 dapat menghasilkan true-color point cloud, sehingga gambar laser sangat mirip dengan objek dunia nyata yang dipindai.

Dengan Point Rate 240.000 poin per detik dan jangkauan deteksi 460 meter, kemudahan dan kecepatan menangkap data LIDAR berbobot yang sebelumnya sulit dilakukan; memakai DJI M300, memberikan solusi untuk mengakuisisi data hingga 2 km persegi (200 Hektar) dalam satu kali penerbangan.

Modul ini menyokong Line Scan Mode dan Non-repetitive Petal Scan Mode, sebuah teknologi unik yang dikembangkan oleh Livox. Ini akan memberikan cakupan penuh dari area yang diinginkan dalam waktu yang sangat singkat, dan memungkinkan sensor untuk menangkap data ke segala arah, tidak terbatas hanya pada sepanjang area yang ditentukan.

DJI M300 Zenmuse L1. (DJI)DJI M300 Zenmuse L1. (DJI)

Berkat rating IP44-nya, Zenmuse L1 dapat beroperasi pada situasi hujan atau berkabut. Tidak seperti data survei fotografi, LIDAR ialah teknologi penggambaran berbasis laser dan bisa memperoleh data tingkat survei terlepas dari kondisi cahaya redup atau gelap sekalipun, memungkinkan survei dilakukan kapan saja di siang atau malam hari.

Ketika digunakan bersama dengan platform drone komersial unggulan DJI, Matrice 300 RTK, serta perangkat lunak survei, DJI Terra, Zenmuse L1 diklaim sebagai solusi lengkap untuk survei LIDAR, secara efisien menangkap area yang luas dan struktur kompleks untuk menghasilkan digital yang sangat akurat untuk keperluan rekonstruksi.

Secara keseluruhan, sebagai solusi LIDAR penuh pertama DJI untuk survei udara, Zenmuse L1 merupakan terobosan besar untuk industri drone komersial. Spesifikasi tinggi, harga terjangkau, dan integrasi penuh dengan platform DJI, membuatnya sangat cocok untuk memenuhi banyak sekali persyaratan LIDAR di seluruh Indonesia.

LIDAR diharapkan untuk software survei dan pemetaan yang mempunyai persyaratan akurasi sangat tinggi - misalnya di pertambangan, atau di industri minyak & gas. Ini juga digunakan secara luas di bidang pertanian, untuk pengukuran volumetrik vegetasi, dan juga - karena pancaran laser LIDAR dapat menembus dedaunan untuk menampilkan peta permukaan tanah atau peta kontur yang mendasarinya - diharapkan untuk analisis 3D dari tanah itu sendiri.

Di sektor listrik, LIDAR digunakan untuk memindai saluran listrik SUTET untuk "analisis penurunan/sagging" dan pengelolaan vegetasi di sekitarnya, dalam rangka pemeliharaan agar saluran listrik tetap dalam keadaan baik sekaligus mencegah kebakaran dan pemadaman listrik.

Ini juga biasa digunakan dalam industri infrastruktur dan konstruksi, di mana LIDAR digunakan untuk memindai struktur dan dengan cepat menghasilkan model 3D "as-built drawing" yang diharapkan untuk proyek konstruksi yang kompleks ataupun pemeliharaan infrastruktur.

DJI Zenmuse P1 - Fotogrametri Full Frame - Tolak Ukur Baru Untuk Survei Udara

DJI Zenmuse P1. (DJI)DJI Zenmuse P1. (DJI)

Selama beberapa tahun terakhir, DJI Enterprise telah mendedikasikan upaya dan komitmen penuh kepada para profesional yang memakai drone untuk survei, pemetaan, dan pengumpulan data geospasial.

Sebagai standar industri global untuk teknologi drone, para ahli secara otomatis beralih ke kemampuan DJI P4 RTK untuk menangkap data untuk peta dan model akurat tingkat sentimeter untuk banyak sekali software, dari survei kadaster hingga struktur kompleks.

Saat ini, DJI mendorong visinya bagi para industri dengan meningkatkan tingkat akurasi fotogrametri, hasil data, dan pekerjaan yang membutuhkan tingkat presisi tinggi yang belum pernah terjadi
sebelumnya.

DJI Zenmuse P1 baru ialah muatan kamera DJI paling kuat yang didedikasikan untuk akuisisi data geospasial. Ini mengintegrasikan sensor full-frame low-noise dengan sensitivitas tinggi yang mencapai 45 megapiksel, menunjukkan tampilan fleksibel dengan lensa fokus tetap 24/35 /50mm yang dapat dipertukarkan pada gimbal 3-axis.

Dengan spesifikasi yang luar biasa tinggi tersebut, DJI Zenmuse P1 bisa memberikan data dengan akurasi tinggi tanpa memakai Ground Control Points (3cm horizontal / 5cm vertikal), dan juga bisa meningkatkan efisiensi waktu dari kegiatan survei drone; memakai platform drone DJI M300, bisa mengakuisisi hingga 3 km2
(300 Hektar) dalam satu kali penerbangan.

Memenuhi persyaratan dasar untuk foto beresolusi tinggi dan "meta data" tingkat survei yang diambil dengan setiap foto, Zenmuse P1 dilengkapi dengan shutter mekanis; Bersama dengan sistem TimeSync 2.0 baru, yang menyinkronkan waktu di seluruh foto pada tingkat mikrodetik, Zenmuse P1 memungkinkan pengguna untuk menangkap data citra akurat sentimeter yang dikombinasikan dengan posisi waktu nyata dan teknologi "orientation compensation"

DJI M300 Zenmuse P1. (DJI)DJI M300 Zenmuse P1. (DJI)

Fasilitas penting lainnya yang dikembangkan oleh DJI bersamaan dengan peluncuran Zenmuse P1 merupakan fasilitas Smart Oblique Capture, yang secara dramatis meningkatkan efisiensi penerbangan pemetaan drone dengan menangkap gambar secara sistematis yang dapat mereplikasi kamera oblique multi-sensor untuk secara efektif meningkatkan total area survei yang diciduk pada setiap penerbangan.

Dengan memakai fasilitas Smart Oblique Camera ini, Zenmuse P1 secara efektif bisa menangkap gambar dari area yang lebih luas dan dari banyak sekali sudut sekaligus, yang membuat penerbangan drone lebih efisien sekaligus meningkatkan akurasi peta dan model 2D dan 3D yang dihasilkan.

DJI Zenmuse P1 akan menunjukkan keunggulan baru bagi para profesional fotogrametri, memungkinkan bekerja lebih cepat berkat spesifikasinya yang tinggi untuk akuisisi data drone yang efisien, bersama dengan fasilitas unik yang dirancang untuk menyediakan metadata yang diharapkan bagi para surveyor.

Dengan memakai Zenmuse P1, para surveyor di seluruh Indonesia akan dapat melakukan misi akuisisi data yang kompleks untuk orthomosaics 2D, serta data untuk pemodelan 3D dengan akurasi tingkat sentimeter, dan memperoleh data gambar resolusi tinggi dari permukaan tanah vertikal maupun miring dari jarak yang aman, yang dapat membuat tekstur, struktur, dan fasilitas halus bagi keperluan yangpaling presis untuk survei, pemetaan, dan pengumpulan data geospasial.

Ketersediaan

DJI Zenmuse L1 dan DJI Zenmuse P1 tersedia untuk pre-order dari Halo Robotics (PT. Halo Indah Permai) sebagai mitra distribusi resmi dan layanan lokal DJI di Indonesia. Pesanan akan dapat mulai dikirim pada Q1 2021.

Comments