Divonis Susah Punya Anak, Wanita 35 Tahun Justru Hamil Setelah Jalani Terapi Kanker

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Divonis Susah Punya Anak, Wanita 35 Tahun Justru Hamil Setelah Jalani Terapi Kanker

Divonis Susah Punya Anak, Wanita 35 Tahun Justru Hamil Setelah Jalani Terapi Kanker

KEPONEWS.COM - Divonis Susah Punya Anak, Wanita 35 Tahun Justru Hamil Setelah Jalani Terapi Kanker KEMOTERAPI ternyata bukan hanya menjadi metode pengobatan kanker, tetapi juga bisa membuat seorang perempuan mengalami kehamilan alami. Seorang perempuan dari Florida yang berusia 35 tahun sempat divo...

KEMOTERAPI ternyata bukan hanya menjadi metode pengobatan kanker, tetapi juga bisa membuat seorang perempuan mengalami kehamilan alami. Seorang perempuan dari Florida yang berusia 35 tahun sempat divonis mengalami masalah kesuburan sehingga sulit untuk hamil. Setelah didiagnosis menderita kanker pankreas dan menjalani pengobatan, dia mulai mengalami siklus menstruasi secara normal.

Di umur 21 tahun, perempuan itu didiagnosis memiliki polycystic ovarian syndrome (PCOS). Sindrom itu merupakan penyebab paling umum masalah infertilitas pada perempuan. PCOS terjadi karena ketidakseimbangan hormon reproduksi sehingga mengganggu pertumbuhan dan pelepasan telur dari ovarium selama ovulasi. Hal ini membuat perempuan tidak mengalami menstruasi secara teratur dan sulit untuk hamil.

Suatu hari, perempuan Florida ini merasakan benjolan di sisi kiri perutnya dan mengalami sakit yang tidak tertahankan selama dua bulan. Lalu dia memutuskan untuk pergi ke rumah sakit untuk mengecek kondisinya. Setelah melakukan skrining, didapati hasil dia menderita kanker pankreas.

Untuk menyembuhkan penyakitnya, perempuan itu melakukan operasi kompleks yang dikenal dengan prosedur Whipple. Operasi ini bertujuan untuk mengeluarkan pertumbuhan kanker dari pankreas. Delapan minggu setelah operasi, tahap pengobatan selanjutnya merupakan empat siklus kemoterapi menggunakan obat gemcitabine dan dilanjutkan dengan perawatan radiasi.

Ketika pengobatan kanker selesai, perempuan itu tiba-tiba mulai menjalani siklus menstruasi secara teratur. Tak lama, dia mengalami kejadian yang tak terduga yaitu hamil dengan usia kandungan sudah menginjak enam minggu. Namun sayangnya, dia mengalami keguguran. Hampir tiga tahun setelah keguguran, dia kembali hamil dengan usia kandungan hampir menginjak lima bulan dan melahirkan anaknya di usia kehamilan 38 minggu.

Para dokter menduga obat gemcitabine ketika kemoterapi memulihkan kesuburan perempuan itu. Gemcitabine merupakan satu-satunya variabel baru yang mungkin mengubah rasio hormon perempuan itu, kata Dr Stephen J. Carlan seperti yang dikutip dari Fox News, Selasa (25/7/2017). Sedangkan bagi kebanyakan pasien kanker, obat ini diketahui beracun bagi ovarium.

Gemcitabine mungkin saja bekerja mirip dengan pengobatan untuk PCOS. Pengobatan PCOS dilakukan untuk menghancurkan sebagian ovarium sehingga bisa menginduksi ovulasi dan memicu siklus ovulasi pada perempuan. Mungkin obat itu mengubah rasio hormonal dan mengembalikan ovulasi, kata Carlan.

Divonis Susah Punya Anak, Wanita 35 Tahun Justru Hamil Setelah Jalani Terapi Kanker

Comments