Dituduh Jual Data Pengguna ke Facebook, Ini Jawab Aplikasi Zoom

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Dituduh Jual Data Pengguna ke Facebook, Ini Jawab Aplikasi Zoom

Dituduh Jual Data Pengguna ke Facebook, Ini Jawab Aplikasi Zoom

KEPONEWS.COM - Dituduh Jual Data Pengguna ke Facebook, Ini Jawab Aplikasi Zoom Software Zoom. (Zoom.us) Software Zoom jadi pilihan banyak pihak untuk melakukan video call di saat isolasi dari penyebaran virus corona COVID-19. Dari rapat kerja hingga belajar online, software zoo...

Software Zoom. (Zoom.us)

Software Zoom jadi pilihan banyak pihak untuk melakukan video call di saat isolasi dari penyebaran virus corona COVID-19. Dari rapat kerja hingga belajar online, software zoom jadi pilihan.

Tak heran di saat masa pandemi virus corona COVID-19 ini, ketenaran software ini terus meningkat.

Sayang, software Zoom versi iOS dituduh mengirimkan data penggunanya ke Facebook, tanpa sepengetahuan pemilik akun.

Menanggapi masalah terasebut, Zoom menyatakan bahwa saat ini pihaknya telah menghapus fungsi tersebut dan meyakinkan publik bahwa pihaknya tidak menjual data pengguna.

Selain itu, Zoom memperbarui kebijakan privasi di platformnya. Dalam website resmi perusahaan, Chief Legal Officer Zoom Aparna Bawa mengklaim bahwa pihaknya tidak melakukan aktivitas ilegal, termasuk penjualan data pribadi.

Ilustrasi aplikasi Zoom di laptop. [Shutterstock]Ilustrasi software Zoom di laptop. [Shutterstock]

"Kami tidak menjual data pribadi Kamu, baik para pengguna kalangan usaha, sekolah, atau individu, kami tidak menjual data kalian," ujar Bawa seperti dikutip laman Ubergizmo, Kamis (2/4/2020).

Bawa melanjutkan, pihak perusahaan hanya mendapatkan data pengguna ketika mereka ingin bermitra dengan Zoom ataupun menghubungi langsung perusahaan.

"Kami tidak memakai data yang kami peroleh dari penggunaan Kamu atas layanan kami, termasuk pertemuan Kamu, untuk iklan apa pun. Kami memakai data yang kami peroleh dari Kamu ketika Kamu mengunjungi situs web pemasaran kami, seperti zoom.us dan zoom.com. Kamu mempunyai kendali atas pengaturan cookie Kamu sendiri ketika mengunjungi situs web pemasaran kami," imbuhnya.

Sebagai penutup, Bawa meyaknikan bahwa Zoom mengenkripsi semua percakapan grup. Artinya, mereka tidak memantau isi percakapan dalam video yang dilakukan para penggunanya selama pengguna tidak menyimpannya di cloud.

Itulah bantahan resmi dari software Zoom kalau mereka tidak menjual data pengguna kepada Facebook juga tidak melakukan aktivitas ilegal. ( Tivan Rahmat).

Comments