Dishub: Bus Transjakarta Terbengkalai di Bogor Pengadaan Tahun 2013 yang Bermasalah

Otomotif

News / Otomotif

Dishub: Bus Transjakarta Terbengkalai di Bogor Pengadaan Tahun 2013 yang Bermasalah

Dishub: Bus Transjakarta Terbengkalai di Bogor Pengadaan Tahun 2013 yang Bermasalah

KEPONEWS.COM - Dishub: Bus Transjakarta Terbengkalai di Bogor Pengadaan Tahun 2013 yang Bermasalah JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, bus- bus transjakarta yang terbengkalai di lahan kosong di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, merupakan bagian dari pengadaan...

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, bus- bus transjakarta yang terbengkalai di lahan kosong di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, merupakan bagian dari pengadaan tahun 2013.

Pengadaan bus transjakarta pada 2013 itu diketahui bermasalah. "Untuk yang di Dramaga iya, itu semuanya bus pengadaan 2013," ujar Syafrin, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/7/2019).

Syafrin memberikan, bus-bus yang terbengkalai di sana menjadi tanggung jawab perusahaan penyedia bus. Pemprov DKI tidak mempunyai kaitan apa-apa dengan bus-bus di sana.

"Itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab si penyedia yang 2013 tadi," kata dia.

Terkait kasus pengadaan bus transjakarta tahun 2013, lanjut dia, Dinas Perhubungan DKI saat ini fokus menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Mitsubishi Xpander Ultimate Banjir Promo

BPK RI memberikan dua rekomendasi dalam LHP tersebut. Pertama, Pemprov DKI menagih kembali uang muka yang sudah dibayarkan kepada perusahaan penyedia bus transjakarta.

Kedua, bila uang muka yang sudah ditagih tak juga dikembalikan, Pemprov DKI bisa membawa perkara ini ke jalur hukum.

Dinas Perhubungan sudah berupaya menagih uang muka sebesar 20 persen atau Rp 110,2 miliar itu. Namun, uang muka tersebut belum juga dikembalikan.

"Dishub saat ini sedang berkonsultasi dengan Biro Hukum bagaimana menindaklanjuti rekomendasi kedua ini. Dari sana, arahan Biro Hukum seperti apa, itu yang kami tindak lanjuti," kata Syafrin.

Berbeda dengan bus-bus yang ada di Dramaga, Syafrin mengaku belum mengetahui berita soal bus-bus yang juga terbengkalai di Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) Ciputat, Tangerang Selatan.

Di Bawah Rp 1 Miliar, Toyota Ambisi Jual Prius PHEV dengan Harga Lebih Kompetitif

"Untuk yang Ciputat, saya belum tahu, apakah itu menjadi bagian dari satu kesatuan dengan para penyedia," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, 300 bus berlabel Transjakarta terbengkalai di sebuah lahan kosong di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Bus tersebut tampak berdebu, usang, dan berkarat. Tampak ilalang mengelilingi transportasi yang menjadi andalan warga Ibu Kota itu.

Camat Dramaga Adi Henriyana mengatakan, bus-bus tersebut merupakan aset dari PT Adi Teknik Ecopindo yang berdasarkan keputusan Pengadilan Niaga dinyatakan sebagai perusahaan yang pailit.

Penulis : Nursita Sari
Berita ini tayang di Kompas.com dengan judul Bus Transjakarta Terbengkalai di Bogor Pengadaan Tahun 2013 yang Bermasalah

Dishub: Bus Transjakarta Terbengkalai di Bogor Pengadaan Tahun 2013 yang Bermasalah

Comments