Disebut Serang Jokowi, Cuitan CEO Bukalapak Ini Bikin Netizen Heboh

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Disebut Serang Jokowi, Cuitan CEO Bukalapak Ini Bikin Netizen Heboh

Disebut Serang Jokowi, Cuitan CEO Bukalapak Ini Bikin Netizen Heboh

KEPONEWS.COM - Disebut Serang Jokowi, Cuitan CEO Bukalapak Ini Bikin Netizen Heboh #UninstallBukalapak. (twitter/achmadzaky) Kamis malam (14/2/2019), netizen Twitter dibuat heboh dengan munculnya hashtag #UninstallBukalapak. Kemunculan tagar ini rupanya dipicu oleh cuitan CEO sekal...

#UninstallBukalapak. (twitter/achmadzaky)

Kamis malam (14/2/2019), netizen Twitter dibuat heboh dengan munculnya hashtag #UninstallBukalapak. Kemunculan tagar ini rupanya dipicu oleh cuitan CEO sekaligus pendiri Bukalapak, Achmad Zaky yang disebut menyerang kubu Jokowi.

Cuitannya yang telah ia hapus pada Rabu (13/2/2019) tersebut, Achmad Zaky mengkritisi dana riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia yang menurutnya masih tertinggal jauh dari negara lainnya.

Menurut data tahun 2016 yang ia dapat, dana riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia hanya sebesar 2 miliar dolar AS, sedangkan Singapura mencapai angkat 10 miliar dolar AS.

Menutup cuitannya, Achmad Zaky memberikan doanya agar presiden yang baru dan akan terpilih nantinya bisa mengangkat dana untuk riset dan pengembangan ini.

''Mudah-mudahan presiden baru bisa naikin..'' tulisnya menutup cuitan tersebut.

#UninstallBukalapak. (twitter/yusuf_dumdum)#UninstallBukalapak. (twitter/yusuf_dumdum)

Mengingat Indonesia sedang dalam panasnya masa Pemilihan Presiden 2019, pernyataan ini langsung mendapat respon keras dari pendukung calon presiden nomor urut 1, Jokowi.

Banyak yang menyebut kalau ujaran Achmad Zaky tersebut berpihak pada calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Laman Twitter lalu ramai dengan banyak sekali cuitan netizen pada Achmad Zaky dengan menyertakan hashtag #UninstallBukalapak yang hingga pagi ini, Jumat (15/2/2019) sudah mengumpulkan lebih dari 41 ribu cuitan.

Banyak netizen yang langsung melakukan uninstall Bukalapak dan mengunggah aksinya tersebut ke Twitter dengan disertai hashtag #UninstallBukalapak.

''Kamu harusnya menjadi netral, terlepas dari pihak lain ialah mentor kamu. Sangat menyedihkan melihatmu melakukan hal rendah ini dengan membagikan pemikiranmu. #uninstallbukalapak'' tulis @lulus_prihatini.

#UninstallBukalapak. (twitter/lulus_prihatini)#UninstallBukalapak. (twitter/lulus_prihatini)

Sadar betul cuitannya ini membuat heboh netizen Twitter khususnya pendukung Jokowi, Achmad Zaky lalu memberikan klarifikasinnya.

''Buat pendukung pak Jokowi, mohon maaf jikalau ada yg kurang sesuai kata2 saya jadi misperception. Saya kenal Pak Jokowi orang baik. Bahkan sudah saya anggap seperti Ayah sendiri (sama2 orang solo). Kemarin juga muncul di HUT kami. Tidak ada niat buruk tentunya dari tweet saya.'' ujarnya memberikan permintaan maaf.

#UninstallBukalapak. (twitter/achmadzaky)#UninstallBukalapak. (twitter/achmadzaky)

Achmad Zaky juga turut memberikan penjelasan terkait cuitannya yang menjadi viral dan menimbulkan perdebatan di sosmed hingga memunculkan aksi uninstall software e-commerce yang ia bangun tersebut.

Menurutnya, tujuan kicauan tersebut hanyalah untuk memberikan fakta bahwa pada 20 hingga 50 tahun ke depan, Indonesia perlu melakukan investasi di riset dan SDM kelas tinggi agar tidak kalah dengan negara-negara lainnya.

Sebagai pengusaha di bidang e-commerce, Achmad Zaky menganggap penting untuk sadar dan peka dengan isu R&D mengingat akan terus ada perang harga yang cukup bepengaruh pada ekonomi negara ke depannya.

''Saya apresiasi sekali concern masyarakat twitter soal isu R&D ini. Tanda kalau kita ga kalah pinter. R&D merupakan single pembeda negara maju dan miskin. Kalau ga kuat di R&D, kita akan perang harga terus. Negara maju masuk di perang inovasi. Negara miskin masuk di perang harga.'' tulia @achmadzaky melanjutkan.

Walaupun sudah memberikan permintaa maaf dan klarifikasinya, hashtag #UninstallBukalapak sudah terlanjur menyebar dan menjadi aksi netizen untuk melakukan uninstall software tersebut.

#UninstallBukalapak. (twitter)#UninstallBukalapak. (twitter)

Namun, pagi ini (15/2/2019), bersamaan dengan hashtag #UninstallBukaLapak, hashtag #DukungBukaLapak juga merangkak naik dan menempati urutan 1 dalam kolom Trending Topik Twitter dengan total lebih dari 33 ribu cuitan.

Dalam cuitannya, netizen ramai-ramai memberikan dukungannya kembali pada Bukalapak.

''Ealah. CEO Bukalapak juga warga negara. Mo dia pilih siapapun juga hak dia. Mo diomongin atau enggak juga hak dia wong demokrasi. Ayolah, Bong. Be Smart. #DukungBukaLapak'' komentar netizen dengan akun @JohnRianmf78.

#DukungBukalapak. (twitter)#DukungBukalapak. (twitter)

Hingga berita ini dibuat, akun Achmad Zaky masih diramaikan dengan banyak sekali komentar netizen terkait hashtag #UninstallBukalapak dan komentarnya yang disebut serang Jokowi.

Comments