Dirk Coster - Penemu Unsur Hafnium

Tokoh

Ragam / Tokoh

Dirk Coster - Penemu Unsur Hafnium

Dirk Coster - Penemu Unsur Hafnium

KEPONEWS.COM - Dirk Coster - Penemu Unsur Hafnium Dirk Coster merupakan seorang fisikawan Belanda. Dia ialah seorang Profesor Fisika dan Meteorologi di Universitas Groningen.Pria kelahiran Amsterdam-Belanda, 26 Februari 1919 ini dikenal sebagai penem...
Dirk Coster merupakan seorang fisikawan Belanda. Dia ialah seorang Profesor Fisika dan Meteorologi di Universitas Groningen.

Pria kelahiran Amsterdam-Belanda, 26 Februari 1919 ini dikenal sebagai penemu Hafnium (Hf) (elemen 72) pada tahun 1923, bersama denganGeorge de Hevesy, dengan menggunakan analisis spektroskopi X-ray dari bijih zirkonium. Penemuan itu terjadi di Kopenhagen, Denmark.

Pendidikan terakhirnya ialah di Universitas Teknik Delft, dengan penasihat Akademik: Paul Ehrenfest. Dirk Coster meninggal pada 12 Februari 1950, di Groningen, Groningen, Belanda.

("George De Hevesy Penemu Unsur Kimia Hafnium")

Hafnium ialah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Hf dan nomor atom 72. Logam transisi ini memiliki sifat kimia yang mirip dengan zirkonium. Hafnium digunakan sebagai campuran aloy wolfram pada filamen dan elektrode, dan juga berperan sebagai penyerap neutron pada pembangkit listrik tenaga nuklir.

(:"Sejarah penemuan Hafniumh")


Comments

loading...