Diplomasi Gastronomi, Cara Perkenalkan Indonesia di Mata Dunia

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Diplomasi Gastronomi, Cara Perkenalkan Indonesia di Mata Dunia

Diplomasi Gastronomi, Cara Perkenalkan Indonesia di Mata Dunia

KEPONEWS.COM - Diplomasi Gastronomi, Cara Perkenalkan Indonesia di Mata Dunia Sebagai negara yang terdiri dari banyak pulau, Indonesia mempunyai banyak sekali macam budaya dan makanan khas yang sangat lezat. Nyatanya makanan khas Indonesia bukan hanya untuk memanjakan lidah, me...

Sebagai negara yang terdiri dari banyak pulau, Indonesia mempunyai banyak sekali macam budaya dan makanan khas yang sangat lezat. Nyatanya makanan khas Indonesia bukan hanya untuk memanjakan lidah, melainkan sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan Indonesia di hadapan negara asing.

Duta Besar Indonesia untuk negara Ekuador tahun 2016-2020 dan Wakil Ketua Dewan Pembina Indonesian Gastronomy Association (IGA), Diennaryati Tjokrosuprihatono mengaku memakai makanan untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Ekuador. Cara ini terbukti efektif dan berhasil untuk dilakukan.

gado-gado

Ia mengatakan bahwa masyarakat Ekuador awalnya tidak mengenal Indonesia. Mereka hanya mengetahui Indonesia karena bencana besar tsunami yang melanda Tanah Air beberapa tahun lalu. Selain itu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ekuador baru dibangun 2010.

Tujuan diplomasinya cukup berat. Indonesia belum punya citra, jadi harus dipromosikan secara masif dengan memakai media. Jadi yang saya lakukan mencari berita seberapa banyak diaspora dan apa makanan favorit mereka, terang Diennaryati, dalam Ambasador s Talk: Makanan Sebagai Budaya Merupakan Tugas Diplomasi, belum lama ini.

Menurut Diennaryati, makanan sangat penting karena tak ada orang yang bisa lepas dari makanan. Terlebih makanan mempunyai khasiat dan bisa membuat seseorang menjadi senang.

Jadi ia memutuskan untuk membawa chef handal dan membuat teamwork untuk memperkenalkan Indonesia melalui makanan.

Resolusi yang kita buat ialah saling peduli. Jadi di sini integritas sangat penting dalam menjalani diploma. Saya juga mencari staf yang merupakan seorang penari untuk mengenalkan tradisi Indonesia. Kami juga mengunjungi para WNI sambil membawa makanan dan oleh-oleh mereka. Mereka ialah duta-duta kita di Ekuador, lanjutnya.

5 Gaya Nagita Slavina di Labuan Bajo, Cantik Pakai Topi Maria Mercedes!

Diennaryati memaparkan, para WNI juga berkontribusi dalam membagikan berita kepada masyarakat Ekuador. Terlebih sebagian besar dari mereka ialah kepala paroki di gereja-gereja sehingga dapat mempromosikan Indonesia dengan lebih baik.

Comments