Diminum Setiap Hari, Apakah Air Kelapa Baik untuk Kesehatan?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Diminum Setiap Hari, Apakah Air Kelapa Baik untuk Kesehatan?

Diminum Setiap Hari, Apakah Air Kelapa Baik untuk Kesehatan?

KEPONEWS.COM - Diminum Setiap Hari, Apakah Air Kelapa Baik untuk Kesehatan? SIAPA yang tidak tahu minuman yang satu ini? Ini merupakan salah satu minuman yang sangat digemari oleh banyak sekali orang di Indonesia. Bukan tanpa alasan, pasalnya air kelapa selain mempunyai rasa...

SIAPA yang tidak tahu minuman yang satu ini? Ini merupakan salah satu minuman yang sangat digemari oleh banyak sekali orang di Indonesia. Bukan tanpa alasan, pasalnya air kelapa selain mempunyai rasa yang enak dan menyegarkan, ternyata juga dapat mencegah panuaan dan meningkatkan kekebalan pada tubuh.

Selain itu, air kelapa ialah varietas air yang umum dan populer, tetapi apakah air kelapa baik untuk Kamu? Berikut, Okezone mengutip dari rd.com mengenai fakta-fakta perihal air kelapa dari para peneliti, Senin (22/4/2019).

Janda-Janda Strong, Foto Nomor 4 Awas Lihatnya Gak Bakal Kuat!

Apa itu air kelapa?

Caroline Apovian, MD, direktur Pusat Nutrisi dan Manajemen Berat Badan di Pusat Medis Boston dan profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Boston meneliti perihal air kelapa.

Ia mengatakan, Air kelapa merupakan cairan bening yang ada di dalam kelapa hijau. Saat kelapa tua dan berubah warna menjadi coklat, rasa air dan daging kelapa pun berubah. Daging kelapa ini bisa di olah menjadi santan.

Apakah air kelapa baik untuk Kamu?

Air kelapa memang mempunyai dua manfaat kesehatan utama yang didukung sains. Manfaat air kelapa menyediakan elektrolit seperti kalium dan natrium. Air kelapa baik untuk rehidrasi setelah aktivitas fisik atau setelah penyakit yang menyebabkan muntah atau diare.

Hal itu diungkapkan Ali Webster, PhD, RD, Associate Director of Nutrition Komunikasi untuk Yayasan Dewan Berita Pangan Internasional. Namun, masih ada penelitian wacana manfaat air kelapa terkait H20.

Salah satu studi dalam Kedokteran dan Sains dalam Olahraga dan Latihan melaporkan bahwa air kelapa menggantikan cairan tubuh seefisien minuman olahraga. Namun, air kelapa hanya sedikit lebih baik daripada air.

Meski begitu, para atlet lebih menyukai rasa minuman olahraga. Artinya Kamu harus menyukai rasa air kelapa untuk menuai manfaatnya. Jikalau Kamu menginginkan sesuatu yang lebih sehat daripada minuman olahraga, air kelapa masih bisa menjadi pilihan yang baik meskipun tidak terlalu perlu.

Menurut Webster, orang yang bukan atlet profesional dan tidak berolahraga lama tidak membutuhkan elektrolit tambahan dari air kelapa. Sedangkan Dr Apovian mengatakan, tidak perlu mengganti asupan air yang biasa jikalau tidak ingin mendapatkan kalori ekstra.

Meskipun air kelapa mempunyai gula lebih sedikit daripada minuman tidak sehat lainnya seperti soda atau jus biasa, kalori tetap bertambah. Webster menambahkan, ada juga cara lain untuk mendapatkan kalium dari makanan seperti kentang, pisang, kacang, bayam, dan kacang-kacangan, kata Webster.

"Makanan ini memberikan nutrisi bermanfaat lain yang tidak dimiliki air kelapa, seperti serat dan vitamin dan mineral lainnya," katanya.

5 Dokter Super Cantik yang Berprestasi, Yakin Gak Mau Check Up?

Bagaimana cara minum air kelapa?

Apakah air kelapa baik untuk Kamu? Ini bisa menjadi alternatif yang lebih sehat untuk minuman non-air lainnya.

Dr Apovian mengatakan, tidak minum alkohol dan menggantikannya dengan air kelapa yang dibuat mocktail yang enak tentu lebih menyehatkan.

"Ketika saya ingin bersantai sendiri atau bersama teman-teman, saya suka mencampurkan air kelapa, jus delima, atau sedikit jus tart cherry, dan sesuatu yang bersoda seperti air soda," katanya.

Jadi, jangan ragu untuk mereguk air kelapa dan mendapatkan manfaat istimewanya.

(dno)

Comments