Dimana Merdeka? 6 Aktivis Pembela Rakyat Masih Hilang Sampai Detik Ini!

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Dimana Merdeka? 6 Aktivis Pembela Rakyat Masih Hilang Sampai Detik Ini!

Dimana Merdeka? 6 Aktivis Pembela Rakyat Masih Hilang Sampai Detik Ini!

KEPONEWS.COM - Dimana Merdeka? 6 Aktivis Pembela Rakyat Masih Hilang Sampai Detik Ini! Ketika memutuskan diri untuk menjadi seorang aktivis udah pasti memiliki risiko yang cukup besar tantangannya. Seorang aktivis belum bisa dikatakan dirinya sebagai seorang aktivis, sebelom lo turun la...
Loading...

Ketika memutuskan diri untuk menjadi seorang aktivis udah pasti memiliki risiko yang cukup besar tantangannya. Seorang aktivis belum bisa dikatakan dirinya sebagai seorang aktivis, sebelom lo turun langsung ke masyarakat.

Bukan cuma sembarang aktivis yang berkoar-koar membela atas nama rakyat, tapi dibalik itu ada kepentingan untuk pribadi, kelompok dan kolega mereka semata.

Udah banyak yang kaya gitu, dan sekarang makin banyak malah. Tapi, mereka yang sembarang koar-koar gak pernah bisa lo samain sama 6 aktivis ini yang hilang entah dimana jasadnya, karena mereka gak ada duanya kalo untuk soal pembelaan atas nama rakyat. Demi menolak lupa, ini dia siapa mereka!

1. Tan Malaka

Sumber: selipan.com

Siapa yang tak mengenalnya? Jangan ngaku orang Indonesia kalo gitu. Yaa, karena beliau lah yang memberi nama bangsa kita ini 'Republik Indonesia".

Tan Malaka seorang pahlawan revelusioner, bisa dikatakan seorang aktivis dalam hal apapun, dan yang pasti semuanya untuk kepentingan rakyat Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan.

Pada Tahun 1949 Februari Tan Malaka hilang entah dimana jasadnya, matinya pun belum terang kuburnya di tengah-tengah usaha bersama Gerilya Pembela Proklamasi di Pethok, Kediri, Jawa Timur.

2. Marsinah

Sumber: liputan6.com

Apa yang dilakukan Marsinah dan usaha nya untuk kaum buruh tidaklah berbuah manis. Marsinah merupakan seorang aktivis buruh yang dibunuh oleh orang tak dikenal, dan meninggal dengan sangat mengenaskan pada tahun 1993.

Karena dia merupakan salah satu aktivis yang selalu ada di garda paling depan ketika menuntut perbaikan upah buruh yang sudah di tetapkan oleh Gubernur Jawa Timur ketika itu. Sampai detik ini kasus nya tak berujung, siapa aktor pembunuh Marsinah?

3. Wiji Tukul

Sumber: dw.com

Wiji Tukul ialah seorang yang legenda dalam dunia sastra, dalam setiap sastra nya semua berisikan wacana kebebasan pada zaman Orde Baru.

Karyanya yang menggelegar membuat penguasa pada zaman itu kepanasan bila mendengar puisi nya yang menyadarkan jiwa yang takut karena penindasan yang berlarut, mengajak para proletar untuk bangkit bersama.

Hilang bersama aktivis lainnya dalam peristiwa 27 Juli 1998, sampai detik ini gak ada yang tau, apa yang sebenernya terjadi pada penyair tanpa rasa takut ini.

4. Munir

Sumber: bintang.com

Dugaan Munir dibunuh karena ia memiliki dokumen pembantaian di Talang Sari, Lampung tahun 1989, lalu penculikan aktivis 1998, referendum Timor Timur, hingga kampanye hitam di pemilu 2004.

Kematiannya diakibatkan diracun zat arsenik, menjadi isu yang meledak di Indonesia. Bahkan dunia internasional menyoroti kematian aktivis HAM ini.

Sampai sekarang motif kematian dari Munir tak juga terang, seperti ditutupi dan tak dibuka secara gamblang sampai ketika ini.

5. Theys Eluay

Sumber: kompasiana.com

Theys Eluay seorang aktivis besar tanah papua yang namanya mulai dilupakan, Theys dianggap separatis dan pemersatu rakyat Papua. Beliau hadir lebih dulu sebelum Munir, Theys dibunuh di dalam mobilnya oleh anggota militer Indonesia.

Tujuh orang eksekutor di lapangan telah ditangkan dan di adili. Namun aktor dibalik kematiannya masih menjadi sebuah tanda tanya besar.

6. Salim Kancil

Sumber: solopos.com

Salim Kancil seorang aktivis lingkungan di Lumajang, Jawa Timur. Tahun 2015 ia ditemukan tewas dengan keadaan mengenaskan di desanya. Kepalanya bonyok dihantam batu dan benda keras juga bekas gergajian.

Salim Kancil orang terdepan dalam memperjuangkan lingkungannya denga menolak adanya penambangan pasir.

Masih banyak lagi aktivis-aktivis yang namanya, raga dan jiwa nya dibunuh. Bahkan belum ditemukan jasadnya sampai ketika ini. Pedih rasanya melihat bangsa ini yang begitu kejam, terpukul batin ini bila pemuda melupakan mereka para pembela rakyat.

Semua kita kembalikan lagi ke hukum negara ini, bagaimana cerita kelanjutan para aktivis yang hilang. Selanjutnya tinggal kita sebagai penerus "Menolak Lupa".

Comments