Dikira Benar-Benar Mati, Ilmuwan Temukan Sejumlah Aktivitas di Mars

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Dikira Benar-Benar Mati, Ilmuwan Temukan Sejumlah Aktivitas di Mars

Dikira Benar-Benar Mati, Ilmuwan Temukan Sejumlah Aktivitas di Mars

KEPONEWS.COM - Dikira Benar-Benar Mati, Ilmuwan Temukan Sejumlah Aktivitas di Mars Mars umumnya dianggap mati secara geologis semenjak sekitar tiga miliar tahun yang lalu, ketika inti yang menopang medan magnet planet merah mendingin. Dengan bukti adanya jejak sungai dan danau yang...

Mars umumnya dianggap mati secara geologis semenjak sekitar tiga miliar tahun yang lalu, ketika inti yang menopang medan magnet planet merah mendingin.

Dengan bukti adanya jejak sungai dan danau yang telah lama hilang masih terlihat, tak heran bila banyak anggapan demikian, walaupun kini anggapan tersebut terbantahkan.

- IESF 2022: Kalah dari Makedonia Utara, Timnas CS:GO Men Turun ke Lower Bracket - 5 Skin Mobile Legends Paling Layak Dibeli, Pilih-pilih untuk Berhemat - Cara Nonton Piala Dunia Gratis: Bisa Lewat HP, Modalnya Cuma VPN

Dilansir dari Sputnik News, Planet Mars rupanya masih 'berdenyut' alias dengan menunjukkan vulkanisme dan tektonik.

Planet Merah yang dianggap mati mungkin lebih aktif daripada yang diyakini sebelumnya, sebuah studi baru telah mengungkapkan.

Penemuan 'jambul' (plume) aktif di mantel Mars yang tersembunyi di bawah dataran Elysium Planitia membuat tim dari Universitas Arizona percaya bahwa teori sebelumnya matinya Mars mungkin salah.

Mars, yang pernah punya atmosfer, air dalam bentuk sungai dan danau, dan aktivitas vulkanik, mati ketika seiring waktu karena inti mendingin sampai ke tingkat di mana generator magnetiknya "mati."

Exomars. (The New York Times)Exomars. (The New York Times)

Itulah yang membuatnya terpapar oleh gempuran "angin matahari" yang mulai mengikis atmosfernya.

Planet ini, yang berada di bawah pemboman radiasi, kehilangan atmosfer dan airnya, berubah menjadi gurun yang dingin.

Tak cuma itu. Baru-baru ini, pendarat Mars InSight mengungkapkan indikasi aktivitas seismik.

Penelitian sebelumnya oleh kelompok ilmuwan yang sama menunjuk ke medan gravitasi yang luar biasa kuat yang berasal dari Elysium Planitia, Adrien Broquet, seorang rekan peneliti pascadoktoral di University of Arizona Lunar and Planetary Laboratory (LPL) dan rekan penulis studi, Jeffrey Andrews-Hanna, seorang profesor ilmu planet di LPL, melanjutkan untuk mengumpulkan topografi, gravitasi, data geologi, dan seismik untuk studi lebih lanjut.

Mereka akhirnya menerapkan model tektonik ke daerah yang dimaksud. Saat itulah mereka menemukan bahwa gumpalan konveksi selebar 4.000 kilometer di mantel Mars mendorong magma cair ke permukaan planet ini, memicu gempa 'Mars' dan aktivitas vulkanik.

Aktivitas plume yang berkelanjutan seperti itu merupakan bukti bahwa Mars masih aktif secara seismik dan vulkanik.

"Mars paling aktif 3 hingga 4 miliar tahun yang lalu, dan pandangan yang berlaku ialah bahwa planet ini pada dasarnya mati hari ini ... Aktivitas kecil apa yang telah terjadi dalam sejarah baru-baru ini biasanya dikaitkan dengan proses pasif di planet yang mendingin," kata salah satu penulis penelitian, Adrien Broquet, seorang rekan peneliti pascadoktoral di UArizona Lunar and Planetary Laboratory.

Jeffrey Andrews-Hanna menambahkan bahwa bukti untuk plume mantel aktif, seperti yang terdaftar di Bumi dan Venus, bukanlah sesuatu yang diharapkan di Mars yang kecil dan seharusnya dingin.

Comments