Dijual Mahal, Ongkos Bikin Samsung Galaxy S23 Ultra Ternyata Jauh Lebih Murah

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Dijual Mahal, Ongkos Bikin Samsung Galaxy S23 Ultra Ternyata Jauh Lebih Murah

Dijual Mahal, Ongkos Bikin Samsung Galaxy S23 Ultra Ternyata Jauh Lebih Murah

KEPONEWS.COM - Dijual Mahal, Ongkos Bikin Samsung Galaxy S23 Ultra Ternyata Jauh Lebih Murah Samsung Galaxy S23 Ultra, salah satu smartphone Android terbaik di pasaran, memberikan banyak fasilitas dan mempunyai harga yang mencerminkan statusnya sebagai perangkat flagship....

Samsung Galaxy S23 Ultra, salah satu smartphone Android terbaik di pasaran, memberikan banyak fasilitas dan mempunyai harga yang mencerminkan statusnya sebagai perangkat flagship.

Di Indonesia sendiri, harga ponsel ini berkisar di angka 20 jutaan rupiah. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa biaya produksi ponsel ini bagi Samsung jauh lebih rendah daripada yang kita kira.

Sebelum kita memulai, penting untuk memahami perbedaan besar antara biaya pembuatan smartphone dan harga yang dibayar konsumen.

Windows 11 Siapkan Widget untuk Pantau Performa PC

Saat menghitung biaya pembuatan ponsel, hanya mempertimbangkan biaya komponen dan material saja.

Samsung Galaxy S23 Series. (Samsung)Samsung Galaxy S23 Series. (Samsung)

Namun, faktor lain seperti riset dan pengembangan, logistik, pemasaran, biaya personel, serta layanan sebelum dan sesudah penjualan tidak termasuk.

Menurut laporan terbaru yang dilansir dari Gizmochina, biaya total bahan untuk model dasar Galaxy S23 Ultra merupakan $469 atau sekitar Rp 7 jutaan saja.

Ini 7 Alasannya adalah HP Android dan iPhone Makin Lama Makin Lemot

Ini termasuk biaya SoC, layar, kamera, memori, dan komponen lainnya. Laporan ini juga memperinci biaya masing-masing komponen secara lebih detail.

SoC, yang merupakan otak dari ponsel, merupakan bagian terbesar dari biaya tersebut, yaitu $35 atau hampir Rp 525 ribu.

Layar berada di posisi kedua dengan biaya $28 atau Rp 419 ribuan, diikuti oleh kamera dengan biaya $25 alias sekitar Rp 374 ribu. Biaya memori dan komponen lainnya membentuk sisa biaya.

Pengiriman Ponsel Diprediksi akan Merosot Tahun Ini

Jadi, mengapa Galaxy S23 Ultra begitu mahal? Jawabannya sederhana: ini ialah perangkat premium yang dipenuhi dengan teknologi terkini.

SoC yang kinerjanya tinggi, layar yang besar dan terang, serta sistem kamera yang kuat, semuanya berkontribusi pada harga yang tinggi.

Comments