Diikuti 32 Biksu dari Thailand, Ini Daftar Kegiatan Perayaan Waisak di Candi Borobudur 4 Juni 2023 Nanti!

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Diikuti 32 Biksu dari Thailand, Ini Daftar Kegiatan Perayaan Waisak di Candi Borobudur 4 Juni 2023 Nanti!

Diikuti 32 Biksu dari Thailand, Ini Daftar Kegiatan Perayaan Waisak di Candi Borobudur 4 Juni 2023 Nanti!

KEPONEWS.COM - Diikuti 32 Biksu dari Thailand, Ini Daftar Kegiatan Perayaan Waisak di Candi Borobudur 4 Juni 2023 Nanti! Berhasil lakukukan ritual thudong dengan jalan kaki dari Thailand ke Magelang, 32 biksu bakal mengikuti rangkaian acara Hari Raya Waisak 2023 di Candi Borobudur itu. Apa saja sih kegiatannya?...

Berhasil lakukukan ritual thudong dengan jalan kaki dari Thailand ke Magelang, 32 biksu bakal mengikuti rangkaian acara Hari Raya Waisak 2023 di Candi Borobudur itu. Apa saja sih kegiatannya?

Usai menempuh perjalanan ribuan kilometer, para biksu mancanegara ini berhasil tiba di Candi Borobudur pada Rabu, 31 Mei 2023, beberapa mengucapkan syukur dan menangis haru saat tiba.

Ritual thudong ialah perjalanan spiritual dengan berjalan kaki yang melelahkan sejauh ribuan kilometer. Kali ini ritual itu dilakukan dari Thailand ke Candi Borobudur.

Momen ahli agama Buddha ini tiba dibagikan akun TikTik vshort5. Setibanya di puncak candi, mereka melakukan puja bakti, meditasi dan pradaksina di stupa induk.

Api Tak pernah mati Mrapen, Ini Fakta Unik dan Kaitannya dengan Upacara Waisak 2023

Ritual Thudong (Antara Foto/Fakhri Hermansyah)Ritual Thudong (Antara Foto/Fakhri Hermansyah)

Selanjutnya para biksu ini akan beristirahat seraya menunggu acara peringatan Hari Raya Waisak 2567 yang akan jatuh pada 4 Juni 2023 mendatang.

Ini juga sesuai dengan bunyi Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri wacana libur nasional dan cuti bersama telah menetapkan Hari Raya Waisak jatuh pada 4 Juni 2023. Detik-detik Waisak di Indonesia akan dirayakan pada pukul 10.41 WIB.

Dijelaskan Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama, Supriyadi penetapan Hari Raya Waisak ini memakai metode Purnama-Sidhi yaitu perhitungan astronomi yang bersifat universal, ilmiah, dan modern.

"Tahun 2023 Masehi ialah tahun kabisat lunar di mana terdapat bulan Waisak ganda. Maka yang diambil merupakan Purnama-Sidhi Waisak kedua yang jatuh pada 4 Juni 2023," ujar Supriyadi mengutip laman Kementerian Agama, Jumat (2/6/2023).

Berikut ini rangkaian kegiatan Hari Raya Waisak di Candi Borobudur pada 4 Juni 2023 mendatang:

Apa itu Api Dharma Waisak? Api Tak pernah mati dari Mrapen Grobogan bagi Umat Buddha

Acara Kirab Waisak Candi Mendut ke Candi BorobudurDetik-Detik WaisakPradaksina Candi BorobudurPelepasan Lampion Waisak

Acara pelepasan lampion jadi penutup Hari Raya Waisak 2023. Bahkan festival lampion di Borobudur ini bisa diikuti oleh masyarakat umum loh, tertarik nggak buat datang?

Comments