Diguyur Hujan, Imlek di Petak Sembilan Semarak

Nasional

News / Nasional

Diguyur Hujan, Imlek di Petak Sembilan Semarak

Diguyur Hujan, Imlek di Petak Sembilan Semarak

KEPONEWS.COM - Diguyur Hujan, Imlek di Petak Sembilan Semarak Sabtu, 28 Januari 2017 | 10:59 WIBSuasana perayaan Imlek di luar Vihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Sabtu, 28 Januari 2017. TEMPO/Ghoida RahmahJakarta - Ratusan warga Tionghoa...
Loading...

Sabtu, 28 Januari 2017 | 10:59 WIB

Diguyur Hujan, Imlek di Petak Sembilan Semarak

Suasana perayaan Imlek di luar Vihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Sabtu, 28 Januari 2017. TEMPO/Ghoida Rahmah

Jakarta - Ratusan warga Tionghoa memadati Vihara Dharma Bakti, Glodok, Jakarta Barat, pagi ini. Mereka memperingati hari saya Imlek yang jatuh pada hari ini, Sabtu, 28 Januari 2017. Mereka beribadah dan berdoa bersama dalam cuaca hujan dan awan kelabu menggelayuti langit Jakarta.

Dekorasi Vihara telah dihiasi lampion dan aksesoris Tionghoa berwarna kemerahan. Warga tampak antre masuk ke dalam ruang doa. Walau hujan kami tetap ke sini sekeluarga, ujar Alya Utami, 38 tahun, warga Glodok kepada Tempo, Sabtu, 28 Januari 2017. Alya tidak sendiri, tetapi bersama suami dan dua anaknya.

Baca: Imlek, Polda Turunkan Ribuan Personel Jaga 238 Vihara

Ritual berdoa sudah dimulai semenjak pagi, lilin-lilin berukuran besar dan kecil juga dinyalakan serempak. Warga Tionghoa yang datang sudah mempersiapkan payung ataupun jas hujan, sebagai antisipasi hujan. Karena tahu pasti akan hujan, ujar Alya.

Bagi masyarakat Tionghoa, hujan mengandung makna pembawa keberuntungan. Warga pun terus berdatangan memasuki area vihara. Ritual doa ini akan terus dilakukan hingga malam hari. "Nanti juga ada tradisi bagi-bagi angpao yang ditunggu anak-anak," ucap Alya.

Semenjak kemarin Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hari ini cuaca di Jakarta dilanda hujan. Cakupan hujannya meliputi semua wilayah Jakarta, hingga malam.

Menurut BMKG, hujan disertai petir terjadi di Jakarta Selatan. Sedangkan di Jakarta Utara, Kepulauan Seribu, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat, dilanda hujan lokal, serta Jakarta Barat hujan ringan.

Baca juga: Tahun Baru Imlek, Jakarta dan Sekitarnya Diguyur Hujan

Hujan disertai petir juga akan terjadi di daerah penyangga Jakarta, mirip Depok dan Bogor. Bekasi akan diguyur hujan lokal dan Tangerang diramalkan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

GHOIDA RAHMAH

Loading...

Comments