Diduga Kumpulkan 44 Juta Data Pengguna, Meta Digugat Rp 45 Triliun

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Diduga Kumpulkan 44 Juta Data Pengguna, Meta Digugat Rp 45 Triliun

Diduga Kumpulkan 44 Juta Data Pengguna, Meta Digugat Rp 45 Triliun

KEPONEWS.COM - Diduga Kumpulkan 44 Juta Data Pengguna, Meta Digugat Rp 45 Triliun Perusahaan induk Facebook, Meta, menghadapi class action di Inggris dengan nilai klaim lebih dari 2,3 miliar pound (sekitar Rp 45,02 triliun). Meta dituduh menyalahgunakan dominasi pasarnya, memakai...

Perusahaan induk Facebook, Meta, menghadapi class action di Inggris dengan nilai klaim lebih dari 2,3 miliar pound (sekitar Rp 45,02 triliun).

Meta dituduh menyalahgunakan dominasi pasarnya, memakai 44 juta data pribadi pengguna.

Liza Lovdahl Gormsen, penasihat senior Otoritas Perilaku Keuangan Inggris (FCA) dan akademisi hukum persaingan, mengatakan dia membawa kasus itu atas nama warga Inggris yang memakai Facebook antara 2015 dan 2019.

Gugatan akan didengar oleh Pengadilan Banding Kompetisi di London.

Google, Apple, Amazon, Meta, dan IBM Dipanggil ke Gedung Putih, Ada Apa?

Facebook (Meta) telah menghasilkan miliaran pound dengan memberlakukan syarat dan ketentuan yang tidak adil yang membutuhkan konsumen.

Syarat dan ketentuan ini membuat pengguna tidak punya pilihan selain menyerahkan data pribadi yang berharga untuk mengakses jaringan, klaim gugatan itu.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg. [Kenzo Tribuillard/AFP]CEO Facebook, Mark Zuckerberg. [Kenzo Tribuillard/AFP]

"Dalam 17 tahun semenjak dibuat, Facebook telah menjadi satu-satunya jejaring sosial di Inggris di mana Kamu dapat terhubung dengan sahabat dan keluarga di satu tempat, kata Gormsen.

Namun, dia menambahkan, Facebook juga mempunyai sisi gelap. Itu menyalahgunakan dominasi pasarnya, statusnya dan memberlakukan syarat dan ketentuan yang tidak adil pada warga Inggris biasa.

"Ketentuan ini memberi Meta (Facebook) hak untuk memakai data pribadi mereka, ujarnya dilansir laman Gizchina, Sabtu (15/1/2022).

Meta Wajibkan Karyawan Vaksin Booster sebelum Kembali Kerja di Kantor

Facebook mengklaim bahwa orang memakai layanannya karena perusahaan memberikan nilai bagi mereka.

Perusahaan juga mengklaim bahwa mereka mempunyai kontrol efektif atas berita di platform Meta .

Hanya beberapa hari lalu, upaya Facebook untuk memblokir Komisi Perdagangan Federal (FTC) meluncurkan gugatan antimonopoli terhadapnya, mengalami kemunduran dalam salah satu tantangan terbesar pemerintah AS terhadap perusahaan teknologi dalam beberapa dekade.

Saat ini, pemerintah AS sedang mencoba membatasi kekuatan pasar yang luas yang dimiliki oleh perusahaan teknologi besar.

Comments