Di Brasil GKSB DPR Bahas Peluang Kerja Sama dengan KADIN Rio de Janeiro

Internasional

News / Internasional

Di Brasil GKSB DPR Bahas Peluang Kerja Sama dengan KADIN Rio de Janeiro

Di Brasil GKSB DPR Bahas Peluang Kerja Sama dengan KADIN Rio de Janeiro

KEPONEWS.COM - Di Brasil GKSB DPR Bahas Peluang Kerja Sama dengan KADIN Rio de Janeiro RIO dE JAINERO-DPR RI mendorong kerja sama antara Indonesia dengan Brasil di banyak sekali bidang bisa terus ditingkatkan. Salah satu jalur untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara itu merupa...

RIO dE JAINERO-DPR RI mendorong kerja sama antara Indonesia dengan Brasil di banyak sekali bidang bisa terus ditingkatkan. Salah satu jalur untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara itu merupakan melalui ekonomi.

Delegasi Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR dalam kunjungan kerjanya di Brasil p mengunjungi The Industry Federation of the State of Rio de Janeiro (FIRJAN). Delegasi GKSB yang dipimpin anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun itu bertemu dengan Direktur FIRJAN Frederico Araujo di Rio de Janeiro.

FIRJAN ialah semacam KADIN (Kamar Dagang dan Industri, red). Kunjungan GKSB ke FIRJAN merupakan upaya DPR mendorong kerja sama government to government, business to business, people to people maupun parliament to parliament, ujar Misbakhun penjelasannya, Jumat (12/7/2019).

Gratis! Uji Emisi Kendaraan

Misbakhun memaparkan, dirinya memberikan tujuan kunjungan delegasi GKSB di hadapan petinggi FIRJAN. Adalah untuk melihat banyak sekali potensi sekaligus meningkatkan kerja sama bilateral di bidang perdagangan dan industri.

Baik KADIN maupun FIRJAN berfungsi sebagai sarana penghubung antara pengusaha swasta dan asing, termasuk dengan pemerintah bagi kemajuan sektor perdagangan dan industri dalam maupun luar negeri, tutur Misbakhun.

Rencana Pemindahan Ibu Kota Baru, Indonesia Belajar dari Brasil Hingga Malaysia

Misbakhun mengatakan, FIRJAN merespons positif kunjungan GKSB DPR RI. Merujuk paparan Frederico Araujo di hadapan delegasi GKSB DPR, Misbakhun mengungkapkan bahwa Brazil dan Indonesia sama-sama mempunyai wilayah besar dengan penduduk masing-masing di atas 200 juta jiwa.

Pasti kita bisa meningkatkan kerja sana di semua bidang, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan lain-lain. Kita pasti dapat bekerja sama dan berdialog, ujar Misbakhun mengutip Araujo.

Dalam pertemuan itu pula Araujo membeber potensi perihal grafena yang belum banyak dikenal. Material langka itu mempunyai banyak kegunaan bagi masa depan, antara lain untuk baterai, layar sentuh, layar transparan sekuat baja, panel surya, pendeteksi bahan peledak, bahan antipeluru, hingga produksi air minum.

Saat ini 80 persen material grafena ada di Tiongkok. Dari hasil penelitian, selebihnya 20 persen ada di Brazil dan Indonesia, kata Misbakhun menirukan Araujo.

Dubes Brasil Beberkan Dua Manfaat Pemindahan Ibu Kota Negara

Koordinator Internasional FIRJAN Giorgio Rossi dalam kesempatan itu memaparkan, organisasinya menghimpun ribuan pengusaha. Lebih dari 7.000 perusahaan yang beroperasi di bidang perdagangan dan industri di Rio de Janeiro tergabung dalam sistem FIRJAN, sebutnya.

Di Brasil GKSB DPR Bahas Peluang Kerja Sama dengan KADIN Rio de Janeiro

Comments