Di Balik 'Kuburan' Bus Transjakarta, Ini Faktanya!

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Di Balik 'Kuburan' Bus Transjakarta, Ini Faktanya!

Di Balik 'Kuburan' Bus Transjakarta, Ini Faktanya!

KEPONEWS.COM - Di Balik 'Kuburan' Bus Transjakarta, Ini Faktanya! JAKARTA - Belum lama ini ada puluhan bus Transjakarta terbengkalai. Bahkan, terdapat di dua lokasi berbeda, di Ciputat dan di Dramaga Bogor. Banyak simpang siur bahwa bus tersebut merupakan tender dar...

JAKARTA - Belum lama ini ada puluhan bus Transjakarta terbengkalai. Bahkan, terdapat di dua lokasi berbeda, di Ciputat dan di Dramaga Bogor.

Banyak simpang siur bahwa bus tersebut merupakan tender dari China, namun isu tersebut langsung terbantahkan. Pasalnya, bus Transjakarta tersebut ternyata dimiliki oleh BUMN dalam negeri, adalah PT Industri Kereta Api Indonesia (Inka).

Oleh karena itu, Jakarta, Senin (26/8/2019), Okezone merangkum fakta-fakta kuburan bus Transjakarta. Berikut faktanya.

Bos Inka Buka-bukaan soal 'Kuburan' Bus Transjakarta

1. Puluhan bus Transjakarta di Bogor punya perusahaan pailit

Ratusan unit bus berlabel Transjakarta terparkir di sebuah lahan kosong di Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebagian besar bus tersebut dalam kondisi rusak.

Pantauan Okezone di lokasi, ratusan bus tersebut sudah berdebu dan usang. Rumput ilalang pun menjulang tinggi menghiasi sekeliling angkutan massal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu.

Di bagian depan kaca bus terdapat secarik kertas bertuliskan "Budel Pailit PT Putera Adi Karyajaya (Dalam Pailit) putusan perkara no.21/PDT.SUS-Pailit/2018/PN. Niaga.JKt.PST, tanggal 20 September 2018 dalam pengawasan kurator dan pengadilan niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat".

Bus-Bus Transjakarta Terbengkalai di Ciputat, Catnya Sudah Memudar

Kuburuan bus di Dramaga bogor

2. Kuburan bus Transjakarta di Ciputat milik PT Inka

PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) memastikan bahwa puluhan Bus Transjakarta yang terbengkalai di sebuah lahan hijau daerah Ciputat, Banten, merupakan milik mereka. Puluhan armada itu hingga kini belum diserahterimakan ke Pemerintah Provinsi DKI lantaran proses pengadaan yang bermasalah pada 2013.

"Belum ada serah-terima (ke Pemprov DKI), jadi masih milik INKA," kata Senior Manager Humas, Sekretariat, dan Protokoler INKA Hartono.

Puluhan Bus Transjakarta Terbengkalai di Ciputat, Dipastikan Milik PT INKA

Ia menyebut pihaknya belum bisa memastikan ihwal kapan serah-terima akan dilakukan ke Pemprov DKI. Karena hingga kini pun tidak ada kejelasan dari pihak Pemprov DKI ihwal pembatalan kontrak tersebut.

"Jadi pembatalan kontraknya itu yang seperti apa? Kita kan masih belum mendapatkan pembatalannya. Makanya ini masih proses penyelesaian," ujar Hartono.

Selanjutnya

Comments