Dhawiya Putri Elvy Sukaesih Pakai Sabu, Ini Respon Tubuh Saat Konsumsi Sabu

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Dhawiya Putri Elvy Sukaesih Pakai Sabu, Ini Respon Tubuh Saat Konsumsi Sabu

Dhawiya Putri Elvy Sukaesih Pakai Sabu, Ini Respon Tubuh Saat Konsumsi Sabu

KEPONEWS.COM - Dhawiya Putri Elvy Sukaesih Pakai Sabu, Ini Respon Tubuh Saat Konsumsi Sabu Jakarta, Dhawiya Zaida, yang merupakan putri pedangdut Elvy Sukaesih, ditangkap polisi saat mengonsumsi sabu bersama sejumlah orang. Polisi menyita narkoba dan barang-barang lainnya sebagai alat bukti...
Jakarta, Dhawiya Zaida, yang merupakan putri pedangdut Elvy Sukaesih, ditangkap polisi saat mengonsumsi sabu bersama sejumlah orang. Polisi menyita narkoba dan barang-barang lainnya sebagai alat bukti.

"Ada sejumlah barang bukti yang diamankan dari beberapa orang pelaku," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam keterangannya, Jumat (16/2/2018), seperti dikutip dari detikNews.

Methamphetamine atau sabu merupakan obat stimulansia yang berwujud serbuk putih dengan rasa pahit. Secara kimia, mirip seperti amphetamine yang digunakan untuk mengobati gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) dan gangguan tidur narkolepsi.

Dilansir drugabuse.gov, sabu bisa digunakan dalam banyak sekali bentuk. Biasanya dalam bentuk serbuk, obat ini sering dihirup atau diisap. Sering pula dilarutkan untuk kemudian disuntikkan ke tubuh.

Di otak, sabu atau methamphetamine berdampak pada pelepasan dopamin yang memicu rasa senang dan euforia. dr Nicole Lee dari National Drug Research Institute, Australia, beberapa waktu lalu menuturkan dorong tingkat hormon dopamin tubuh yang akan terjadi sabu bisa mencapai seribu kali lipat dari batas wajar. Angka itu ialah yang tertinggi bila dibandingkan tingkat dopamin yang dipicu oleh narkoba atau kegiatan lainnya.

Dalam jangka pendek, penyalahgunaan sabu berakibat pada peningkatan denyut jantung dan tekanan darah. Berkurangnya nafsu makan juga termasuk gejala penyalahgunaan obat ini. Kerusakan otak bisa terjadi dalam pemakaian jangka panjang.

Bahayanya lagi, penyalahgunaan sabu yang dilakukan lewat injeksi rentan penularan infeksi, termasuk HIV (Human Imunodeficiency Virus) dan hepatitis B maupun C. Penularan terjadi pada penggunaan jarum suntik yang tidak steril dan dipakai bergantian.

(ask/up)

Dhawiya Putri Elvy Sukaesih Pakai Sabu, Ini Respon Tubuh Saat Konsumsi Sabu

Comments