Destinasi Wisata di Banyuwangi yang Boleh Dibuka, Ditandai Pemasangan Stiker Khusus

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Destinasi Wisata di Banyuwangi yang Boleh Dibuka, Ditandai Pemasangan Stiker Khusus

Destinasi Wisata di Banyuwangi yang Boleh Dibuka, Ditandai Pemasangan Stiker Khusus

KEPONEWS.COM - Destinasi Wisata di Banyuwangi yang Boleh Dibuka, Ditandai Pemasangan Stiker Khusus Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi MY Bramuda mengatakan, pihaknya menargetkan pembukaan 10 tempat wisata new normal andalan Kabupaten Banyuwangi. Sepuluh destinas...

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi MY Bramuda mengatakan, pihaknya menargetkan pembukaan 10 tempat wisata new normal andalan Kabupaten Banyuwangi. Sepuluh destinasi itu ditargetkan bisa kembali dibuka mendapatkan kunjungan wisatawan.

Namun sebelum resmi dibuka, ujar Bramuda, pihaknya juga terus melakukan pelatihan dan pembinaan kepada tempat-tempat wisata untuk memberlakukan protokol kesehatan Covid-19. Ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19.

Kawah Ijen

"Sebelum proses verifikasi harus dilaksanakan simulasi pembukaan untuk dicek oleh tim gugus tugas perihal kesesuaian kondisi lapangan dengan chek list verifikasi. Kalau hasil cek lapang sudah sesuai, maka destinasi boleh buka, ditandai pemasangan stiker khusus," kata Bramuda, Selasa (30/6/2020).

Meski demikian saat buka nanti setiap objek wisata hanya diperkenankan menampung setengah dari kapasitas maksimal pengunjung. Pembelian tiket juga dijual secara online.

Cek Fakta, Sabun yang Diencerkan Air Tak Efektif Bunuh Covid-19?

"Untuk pengunjung kapasitasnya 50 persen dari normalnya dan pembelian tiket hanya dilayani lewat online booking," jelasnya.

Sejauh ini di Kabupaten Banyuwangi Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen menjadi objek wisata yang disimulasikan pertama untuk buka setelah beberapa bulan tak beroperasi karena adanya pandemi Covid-19.

Sebanyak 10 objek wisata yang ditargetkan beroperasi di era new normal adalah Bangsring Under Water (Bunder), Pantai Grand Watudodol (GWD), Pantai Cacalan, Taman Nasional Alas Purwo, dan Pantai Pulau Merah. Selanjutnya Pantai Mustika, Hutan de Djawatan, Agro Wisata tamansuruh, dan Taman Gandrung Terakota, sedangkan satu tempat wisata adalah Kawah Ijen sudah kembali disimulasikan beroperasi.

(DRM)

Comments