Desa Wisata Jadi Lokasi Shooting Hanung Bramantyo

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Desa Wisata Jadi Lokasi Shooting Hanung Bramantyo

Desa Wisata Jadi Lokasi Shooting Hanung Bramantyo

KEPONEWS.COM - Desa Wisata Jadi Lokasi Shooting Hanung Bramantyo KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memanfaatkan desa wisata sebagai lokasi shooting film di masa pandemi Covid-19. Tentu inisiatif ini menjadi kabar gembira bagi desa wisata un...

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memanfaatkan desa wisata sebagai lokasi shooting film di masa pandemi Covid-19. Tentu inisiatif ini menjadi kabar gembira bagi desa wisata untuk lebih produktif.

Ya, Kemenparekraf bekerja sama dengan Salaka.edu serta IFC Network menggelar kegiatan pelatihan dan peningkatan pemahaman bagi komunitas film dan pengelola desa wisata dalam upaya memaksimalkan desa wisata sebagai lokasi produksi film.

Kegiatan bertajuk IN-FRAME (Indonesia Film Course and Incubation Programme) berlangsung di Yogyakarta pada 13 hingga 16 Oktober 2020 dengan melibatkan 20 peserta dari komunitas film yang berada di Yogyakarta dan kota-kota sekitarnya seperti Magelang, Purworejo, dan Semarang.

Berburu Olahan Gurita di Rumah Makan Seafood Mbak Desi

inframe

Selama 4 hari, peserta dibekali materi mengenai layanan produksi film dan desa wisata, layanan perizinan dan insentif, layanan lokasi dan produksi, hingga taktik pemasaran, dan sistem berita dari para narasumber.

Direktur Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah mengatakan, kegiatan ini memberi pemahaman kepada para filmmaker dan pengelola desa wisata mengenai manajemen dan pengelolaan lokasi syuting sebagai aset yang dapat dioptimalkan.

Syaifullah percaya lokasi film dapat memberikan efek emosional yang berpotensi menjadi pengungkit roda perekonomian dengan menghidupkan industri pariwisata dan pengembangan aspek ekonomi kreatif lainnya.

Telah banyak best practices dari industri perfilman nasional hingga mancanegara mengenai potensi ekonomi dari lokasi syuting bagi industri pariwisata dan pengembangan Intellectual Property (IP) lainnya.

Saya harap sinergi antara filmmaker dan pengelola desa wisata dapat menjadi pengungkit bagi optimalisasi lokasi syuting, terutama karena Yogyakarta sebagai kota yang mempunyai kekayaan budaya, keindahan alam, kriya, serta masakan merupakan salah satu lokasi favorit tempat pembuatan film (movie set) yang bisa menjadi magnet tersendiri untuk dikunjungi wisatawan," ujar Syaifullah seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone.

Comments