Desa Unik, Bertabur Lukisan Bunga

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Desa Unik, Bertabur Lukisan Bunga

Desa Unik, Bertabur Lukisan Bunga

KEPONEWS.COM - Desa Unik, Bertabur Lukisan Bunga Krakow - Mungkin desa ini patut dijuluki yang tercantik di dunia. Karena semua benda di desa dilukis bunga dengan corak yang sangat indah.Dikumpulkan detikTravel dari banyak sekali sumber, Rabu (4/10/...

Krakow - Mungkin desa ini patut dijuluki yang tercantik di dunia. Karena semua benda di desa dilukis bunga dengan corak yang sangat indah.

Dikumpulkan detikTravel dari banyak sekali sumber, Rabu (4/10/2017) perkampungan ini dikenal dengan nama The Painted Village. Perkampungan ini berada di desa Zalipie, 97 Km dari Kota Krakow, Polandia.

Alasan desa ini unik dan patut dikunjungi merupakan karena seluruh benda, mulai dari kompor, lumbung padi, rumah anjing, sumur, rumah, jembatan, pohon, bahkan sangkar ayam dilukis corak bunga yang menawan.

Konon menurut cerita, masyarakat telah mewarnai rumahnya dari ratusan tahun lalu. Hal ini bermula dari perapian masyarakat yang menggunakan tungku kayu. Perapian membuat dinding-dinding dan benda-benda di sekitarnya menjadi hitam arang. Karena itu penduduk berinisiatif melukis dinding untuk menutupi noda karena asap perapian.

Kandang ayam pun dilukis di desa ini (yu.ka_716/Instagram)Sangkar ayam pun dilukis di desa ini (yu.ka_716/Instagram)Mereka membuat kuas dari ekor sapi dan cat dari campuran lemak dengan pewarna. Penduduk memilih motif bunga supaya lukisan menyatu dengan perkarangan mereka yang dipenuhi bunga-bunga.

Mula-mulanya hanya bagian dapur dan dinding rumah saja yang dilukis. Namun entah siapa yang memulai kompor, lemari, jembatan, pagar, dan pohon pun mulai dilukis sampai akhirnya satu perkampungan dipenuhi lukisan bunga yang indah.

Zaman semakin modern, tungku kayu diubah menjadi cerobong asap, serta ventilasi rumah juga semakin modern. Namun perubahan ini tidak memudarkan kebiasaan masyarakat melukis dinding. Malah lukisan bunga semakin beragam dan kerumitan corak bunga semakin meningkat. Bahkan ada satu rumah yang dijadikan museum untuk para turis. (sym/aff)

Comments