Desa Penglipuran Bali Sudah Diakui Dunia Sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia kata Arief Yahya

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Desa Penglipuran Bali Sudah Diakui Dunia Sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia kata Arief Yahya

Desa Penglipuran Bali Sudah Diakui Dunia Sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia kata Arief Yahya

KEPONEWS.COM - Desa Penglipuran Bali Sudah Diakui Dunia Sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia kata Arief Yahya DENPASAR - Tak hanya Menteri Pariwisata, Arief Yahya dan Executive Director UNWTO (Wolrd Tourism Organization) Shanzhong Zhu saja yang dibuat terpana dengan Desa Penglipuran di Bali. Rombongan Famtrip...

DENPASAR - Tak hanya Menteri Pariwisata, Arief Yahya dan Executive Director UNWTO (Wolrd Tourism Organization) Shanzhong Zhu saja yang dibuat terpana dengan Desa Penglipuran di Bali. Rombongan Famtrip Sabah-Sarawak pun dibuat jatuh cinta oleh Penglipuran.

Desa Wisata yang satu ini memang unik. Keren. Bersih. Artistik. Di 2016 silam, Desa ini masuk ke dalam kelompok desa-desa terbaik dunia. Namanya sejajar dengan Desa Giethoorn di Belanda serta Mawlynnong di India.

Pengakuan dunia ini diulas dalam situ boombastis.com. Dari mulai kebersihan hingga keharmonisan masyarakatnya, Penglipuran dianggap sangat fantastis. Budaya dan hubungan kekerabatan, kekeluargaan, antar-anggota masyarakat di desa itu fantastis, khas Indonesia yang hidup rukun, tenang, saling hormat dan penuh toleransi.

Soal desa wisata, Desa Penglipuran, Bali, tempatnya. Ini sudah diakui dunia sebagai desa wisata terbaik dunia," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (29/3).

Kesederhanaan dalam kebersamaan ini memang menjadi daya tarik yang diminati rombongan Famtrip Sabah-Sarawak, Malaysia. Semuanya kompak mengeksplorasi. Kompak mendokumentasikan. Semuanya dibuat terkesima dengan pertamanan dan gerbangnya yang seragam.

Semua dibuat jatuh cinta dengan arsitektur Bali yang terlihat terang di semua sudut desa yang juga pernah dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia itu.

Destinasinya memang sangat unik. Kehidupan masyarakat, pola komunikasi, mempertahankan tradisi dan budaya lokal, termasuk dalam urusan sosial, komitmen untuk kebersihan bersama, keamanan dan kenyamanan bersama sangat kental dengan nuansa Bali," tuturnya.

Menteri asal Banyuwangi itu memang tak asal bicara. Suasana asri menyambut siapa pun yang berkunjung ke Desa Penglipuran.

Rapinya desa ini sudah terlihat semenjak di pintu masuk begitu melewati Candi Bentar, pintu gerbang daerah atau perkampungan khas Bali. Tanaman perindang di kanan kiri jalan tertata rapi.

Suasanyanya hijau dan asri. Udara sejuk berkisar 20 derajat celcius, juga ikut membungkus desa yang berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut itu.

Desa Penglipuran Bali Sudah Diakui Dunia Sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia kata Arief Yahya

Comments