Deretan Makanan Lezat Khas Solo, Mulai Timlo hingga Tengkleng

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Deretan Makanan Lezat Khas Solo, Mulai Timlo hingga Tengkleng

Deretan Makanan Lezat Khas Solo, Mulai Timlo hingga Tengkleng

KEPONEWS.COM - Deretan Makanan Lezat Khas Solo, Mulai Timlo hingga Tengkleng SOLO atau Surakarta merupakan salah satu kota penuh budaya di Provinsi Jawa Tengah. Selain banyak tempat-tempat indah dan bersejarah, ternyata banyak juga makanan khas Solo. Rasanya dijamin lezat dan...

SOLO atau Surakarta merupakan salah satu kota penuh budaya di Provinsi Jawa Tengah. Selain banyak tempat-tempat indah dan bersejarah, ternyata banyak juga makanan khas Solo. Rasanya dijamin lezat dan bisa bikin ketagihan. Maka itu, wajib dicoba para pencinta masakan.

Makanan khas Solo sendiri mempunyai ciri tersendiri bila dibandingkan masakan dari daerah lain. salah satunya merupakan makanan khas Solo mempunyai rasa gurih manis.

Solo, Sala, atau Surakarta, Manakah yang Benar?

Penasaran apa saja makanan khas Solo? Berikut daftarnya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Selasa (23/2/2021).

Timlo Sastro Solo (Foto: Surakarta.go.id)

1. Gudeg solo

Gudeg solo pasti sudah tidak asing. Ini merupakan makanan khas Solo yang cukup populer. Gudeg solo mempunyai rasa manis yang lebih lembut jikalau dibandingkan gudeg yogyakarta. Makanan satu ini disajikan dengan isian seperti ceker, daun singkong, dan kacang tholo.

Beberapa tempat makan gudeg solo yang populer di antaranya Gudeg Ceker Bu Kasno, Gudeg Bu Mari, Gudeg Mbak Yus, Gudeg Ceker Bu Yati, dan masih banyak lagi.

2. Sate buntel

Sesuai namanya, sate buntel merupakan sejenis sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing lalu dibakar.

Seperti halnya makanan khas Solo lainnya, sate buntel juga mempunyai rasa manis berkat bumbunya. Karena, bumbu sate buntel terdiri dari merica dan kecap manis.

5 Wisata Masakan Fenomenal di Solo yang Bikin Rela Antre

3. Nasi liwet khas Solo

Makanan khas Solo yang tidak kalah populer dari gudeg ialah nasi liwet. Nasi liwet khas Solo biasanya mempunyai rasa gurih. Makanan ini terdiri dari nasi liwet, sayur santan, sambal goreng pedas manis, serta bumbu areh. Hidangan nasi liwet khas Solo disajikan di atas pincuk daun pisang.

Comments