Demand Naik, Lebaran Akan Catatkan Inflasi Jangka Pendek!

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Demand Naik, Lebaran Akan Catatkan Inflasi Jangka Pendek!

JAKARTA - H-6 Lebaran, harga kebutuhan bahan pokok merangkak naik. Beras, cabai rawit, minyak, gula, hingga daging mengalami kenaikan harga. Kebutuhan pangan yang meningkat ini menyebabkan terjadinya kenaikan inflasi di sejumlah daerah.

"Inflasi akan berada di level 0,4%-0,5%, puncaknya inflasi sudah terjadi di awal Juni pada sektor pangan," terang Ekonom dari Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Bhima Yudistira ketika dihubungi Okezone.

BERITA REKOMENDASI

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, untuk memenuhi kebutuhan, masyarakat berbondong-bondong membeli sandang dan pangan. Meningkatnya minat akan kebutuhan dalam merayakan Lebaran ini, menyebabkan peningkatan inflasi jangka pendek.

Selain itu terkait Lebaran, banyak masyarakat melakukan kegiatan pulang kampung. Sektor transportasi juga akan mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena budaya masyarakat Indonesia untuk menikmati Hari Kemenangan bersama keluarga besar.

"Tak hanya itu, pembelian pakai juga meningkat. Faktor inilah yang menyebabkan meningkatnya inflasi jangka pendek," tukasnya.

Demand Naik, Lebaran Akan Catatkan Inflasi Jangka Pendek!

Comments