Delay Informasi Keberadaan Harun Masiku, Yasonna Laoly Copot Dirjen Imigrasi dan Direktur Sisdik

Nasional

News / Nasional

Delay Informasi Keberadaan Harun Masiku, Yasonna Laoly Copot Dirjen Imigrasi dan Direktur Sisdik

Delay Informasi Keberadaan Harun Masiku, Yasonna Laoly Copot Dirjen Imigrasi dan Direktur Sisdik

KEPONEWS.COM - Delay Informasi Keberadaan Harun Masiku, Yasonna Laoly Copot Dirjen Imigrasi dan Direktur Sisdik Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly mencopot Direktur Jenderal Imgirasi Ronny Franky Sompie, Selasa (28/1/2020). Pencopotan tersebut buntut dari pernyatan soal keberadan buronan KP...
Loading...

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly mencopot Direktur Jenderal Imgirasi Ronny Franky Sompie, Selasa (28/1/2020).

Pencopotan tersebut buntut dari pernyatan soal keberadan buronan KPK, Harun Masiku.

Tak hanya Ronny F Sompie, Yasonna juga mencopot Direktur Sistem Berita Keimigrasian (Direktur Sisidik).

Pemberlakuan tersebut dilakukan dalam rangka memudahkan pendalaman kasus Harun Masiku oleh tim independen dari empat unsur.

Menkumham Yasonna Laoly ketika menggelar konpers terkait permintaan maaf ke warga Tanjung Priok di Kemenkumham, Jakarta, Rabu (22/1/2020) Menkumham Yasonna Laoly ketika menggelar konpers terkait permintaan maaf ke warga Tanjung Priok di Kemenkumham, Jakarta, Rabu (22/1/2020) (Tribunnews.com/ Inspirasi Rian Pratama)

"Untuk supaya betul-betul terjadi hal yang independen dalam penyelidikan."

"Supaya jangan ada conflict of interest nanti, saya sudah memfungsionalkan Dirjen Imigrasi dan Direktur Sisdiknya," ujar Yasonna, dikutip Tribunnews dari tayangan yang diunggah di kanal YouTube TVOne News, Selasa.

Sebelumnya, Yasonna meminta dibentuk tim independen untuk memeriksa kasus terlambatnya berita kepulangan Harun Masiku ke Indonesia.

Tim independen tersebut terdiri dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Direktur Siber Polri, Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN), serta Ombusdman Law.

Dikutip dari Kompas.com, Yasonna menyatakan, saat Sompie tak lagi menjabat Dirjen Imigrasi, maka penyelidikan bisa terlaksana dengan baik.

"Artinya difungsionalkan supaya tim independen ini bisa berjalan dengan baik."

Comments