Debat Kedua Pilpres 2019, Jokowi Apresiasi Petani Jagung dan Padi

Nasional

News / Nasional

Debat Kedua Pilpres 2019, Jokowi Apresiasi Petani Jagung dan Padi

Debat Kedua Pilpres 2019, Jokowi Apresiasi Petani Jagung dan Padi

KEPONEWS.COM - Debat Kedua Pilpres 2019, Jokowi Apresiasi Petani Jagung dan Padi Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi peran para petani jagung di sejumlah daerah. Jokowi menilai mereka telah bekerja keras meningkatkan angka produksi jagung hingga 3,3 jut...
Loading...

Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi peran para petani jagung di sejumlah daerah.

Jokowi menilai mereka telah bekerja keras meningkatkan angka produksi jagung hingga 3,3 juta ton, sehingga Indonesia bisa mengurangi impor secara drastis.

"Terimakasih pada para petani jagung karena Indonesia berhasil produksi 3,3 juta ton jagung, sehingga impor kita turun drastis dari 3,5 juta ton/tahun, menjadi 180 ribu ton tahun lalu," kata Jokowi dalam debat Pilpres di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (17/2) malam.

Menurut Jokowi, para petani sangat berjasa dikarenakan telah berkontribusi besar pada stabilnya harga dan terpenuhinya pasokan stok. Di samping itu, keberhasilan ini bisa ditopang oleh kerja keras pemerintah yang memotong rantai pasok komoditas pertanian.

Dinilai Jokowi Kurang Optimistis, Ini Pembelaan Prabowo Subianto

"Semua itu kami kerjakan agar petani dan konsumen menikmati harga yang sangat layak," katanya.

Jokowi mengaku bangga karena usaha petani dan kerja keras pemerintah bisa bersinergi secara baik untuk mewujudkan harapan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada tahun 2045.

Apalagi, produksi jagung selama empat tahun terakhir sudah mencukupi kebutuhan pakan ternak secara menyeluruh di seluruh daerah.

Selain jagung, Jokowi juga mengapresiasi petani padi yang juga berhasil menurunkan impor pada tahun 2014.

Kemudian situasinya berubah drastis karena Indonesia bisa mencapai swasembada sesuai ketetapan Food and Agriculture (FAO), dimana produksi Indonesia sudah 90 persen mencukupi kebutuhan.

"Di bidang beras semenjak tahun 2014 impor kita turun dan produkai beras kita sudah swasembada. 2018 produksi 33 juta ton beras, konsumsi kita 29,6 juta.

Debat Kedua Pilpres 2019, Jokowi Apresiasi Petani Jagung dan Padi
Loading...

Comments