Dear Traveler, Ini 5 Tips Perjalanan Ramah Lingkungan di Era Corona

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Dear Traveler, Ini 5 Tips Perjalanan Ramah Lingkungan di Era Corona

Dear Traveler, Ini 5 Tips Perjalanan Ramah Lingkungan di Era Corona

KEPONEWS.COM - Dear Traveler, Ini 5 Tips Perjalanan Ramah Lingkungan di Era Corona WABAH Covid-19 telah membuat banyak negara di dunia terkunci alias lockdown. Orang-orang terkurung di rumah mereka dan dipaksa untuk berhenti sejenak dalam kehidupan sehari-hari. Tak mengherankan kala...

WABAH Covid-19 telah membuat banyak negara di dunia terkunci alias lockdown. Orang-orang terkurung di rumah mereka dan dipaksa untuk berhenti sejenak dalam kehidupan sehari-hari. Tak mengherankan kalau emisi karbon, polusi udara, dan perusakan lingkungan hidup turun drastis.

Dibatasi 120 Orang Per Hari, Ini Protokol Pendakian Gunung Semeru

Pemerintah Indonesia secara bertahap telah mengurangi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan bersiap menyambut wisatawan domestik karena dibuka kembali untuk perjalanan liburan dengan langkah-langkah yang tepat dan protokol kesehatan berlaku.

Di bawah ini merupakan 5 kiat perjalanan ramah lingkungan dalam keadaan normal baru seperti dilansir dari Indonesia.Travel, Selasa (22/9/2020) :

1. Jelajahi lingkungan sekitar

Melakukan perjalanan jarak pendek bisa menjadi cara yang bagus untuk kamu melakukan perjalanan ramah lingkungan. Kamu bisa menemukan tempat-tempat yang dekat dengan rumah Kamu.

Seperti mengunjungi museum, berjalan-jalan di taman terdekat, pergi ke kebun binatang bersama keluarga, atau cukup jelajahi sudut-sudut lingkungan Kamu yang belum dijelajahi.

ilustrasi

Namun, bila ingin berjalan lebih jauh, Kamu bisa berkendara ke tempat tujuan wisata lokal. Ke mana pun Kamu pergi, pastikan untuk menjadi wisatawan yang terhormat. Penting untuk menghormati budaya lokal, norma sosial, dan aturan tempat yang Kamu kunjungi.

2. Hindari plastik sekali pakai

Bukan rahasia lagi bahwa miliaran ton plastik telah diproduksi selama beberapa dekade terakhir yang benar-benar berbahaya bagi lingkungan, tetapi orang masih cenderung menghasilkan sampah plastik setiap hari, termasuk saat liburan.

Baik Kamu saat membeli makanan yang dikemas dalam plastik di bandara, menyesap minuman favorit Kamu dengan sedotan plastik, atau mengambil air kemasan setelah berjalan-jalan di sekitar kota, hal itu menyebabkan timbulan sampah plastik.

Salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik merupakan dengan melakukan upaya sadar untuk menghindari plastik sekali pakai di mana pun dan kapan pun memungkinkan, terutama dalam hal makanan. Jadi, jikalau Kamu tertarik pada keberlanjutan selama perjalanan Kamu, Kamu dapat memakai alat makan sekali pakai Kamu sendiri, membawa sedotan Kamu sendiri yang dapat digunakan kembali, dan membawa tas belanja Kamu sendiri yang dapat terurai ke toko bahan makanan.

3. Siapkan kit sanitasi ramah lingkungan Kamu sendiri

Wabah Covid-19 telah meningkatkan kesadaran akan praktik sanitasi. Oleh karena itu, satu hal yang penting untuk dibawa dalam perjalanan normal baru merupakan peralatan sanitasi yang terdiri dari masker, semprotan disinfektan, dan pembersih tangan.

Namun, untuk menjadi traveller yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan, lebih bijaksana untuk memakai kit sanitasi ramah lingkungan yang terbuat dari bahan yang aman dan tidak beracun yang tidak merusak lingkungan dan mempunyai kemasan yang ramah lingkungan.

ilustrasi

Dengan demikian, Kamu tidak hanya akan melindungi diri Kamu dari virus corona, tetapi juga membantu melindungi Bumi dari kerusakan lingkungan.

Selanjutnya

Comments