Daya Tarik Jembatan Barelang di Batam yang Mirip Golden Gate

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Daya Tarik Jembatan Barelang di Batam yang Mirip Golden Gate

Daya Tarik Jembatan Barelang di Batam yang Mirip Golden Gate

KEPONEWS.COM - Daya Tarik Jembatan Barelang di Batam yang Mirip Golden Gate Jembatan legendaris Golden Gate di San Fransisco menjadi salah satu ikon di Amerika Serikat. Namun tak perlu jauh-jauh ke AS, jembatan serupa juga ada di Batam, Kepulauan Riau. Namanya jembatan Barela...

Jembatan legendaris Golden Gate di San Fransisco menjadi salah satu ikon di Amerika Serikat. Namun tak perlu jauh-jauh ke AS, jembatan serupa juga ada di Batam, Kepulauan Riau.

Namanya jembatan Barelang, singkatan BAtam, REmpang, dan gaLANG yang difungsikan untuk menghubungkan tiga pulau besar tersebut, dan beberapa pulau kecil yang termasuk dalam Kepulauan Riau. Jembatan Barelang yang diprakarsai oleh B.J. Habibie di tahun 1991 ini menjadi ikon dan landmark Batam kini.

Selain mirip Golden Gate yang ada di San Fransisco dalam ukuran mini, jembatan yang mempunyai panjang 642 meter ini juga terlihat begitu menawan dengan latar belakang pemandangan laut yang berwarna biru dan pulau-pulau kecil di sekelilingnya.

Bila biasanya para fotografer mengabadikan Barelang dari sisi sebelah kiri atau persisnya berada di ikon miniatur Jembatan Barelang, sesekali patut dicoba berburu matahari terbit (sunrise) dan mengabadikan jembatan yang terlihat paling megah dan besar di antara lima jembatan lainnya di Batam ini dari sisi kanan. Butuh trekking sekitar 1 kilometer ke sisi kanan Barelang, menyusuri tepian laut hingga akhirnya bisa melihat Barelang secara menyeluruh.

: Nikmatnya Bubur Ase, Masakan Langka Betawi

Untuk mengabadikan sunrise di sana, traveler harus berangkat semenjak pagi, sekitar pukul 4.30 WIB. Maklum jarang ada kendaraan dari Kota Batam ke Barelang sejauh kurang lebih 15 kilometer dan menempuh 30 menit perjalanan. Matahari akan terbit sekitar pukul 05.50 WIB. Transportasi yang digunakan bisa memakai transportasi online atau menunggu angkutan umum Damri yang melintasi Barelang.

Selepas asik berburu matahari terbit tidak ada salahnya merasakan masakan khas Kota Batam. Masakan ini juga sudah terkenal di kalangan traveler, namanya Sup Ikan Yong Kee Istimewa yang berada di komplek Nagoya City Centre Blok E No 8-9, Nagoya, Batam.

Rumah makan ini buka setiap hari pukul 08.00-22.00. RM Yong Kee menjual aneka olahan seafood, namun yang menjadi menu andalan ialah sup ikan yang berbahan dasar ikan tenggiri.

: Wisatawan Asing Dapat Perlakuan Khusus di Borobudur

Ikan tenggiri yang disajikan sungguh lembut dan nikmat. Tak mengherankan karena rumah makan ini mengolahnya dari bahan baku ikan tenggiri yang masih segar. Kuah dengan bumbu yang tidak terlalu tajam juga menambah kesegaran dan makin menonjolkan rasa asli dari ikan. Maka sulit bagi siapapun untuk melupakan Batam, sejuta pesona dari kota transit dengan matahari tropis yang hangat.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwsata, Guntur Sakti di Batam, Minggu, 21 April 2019 mengatakan, keindahan Kota Batam menjadi daya tarik sendiri bagi para pencinta fotografi. Mulai dari lanskap yang indah hingga panorama alam yang menawan.

Lanskap di Kota Batam, tidak hanya indah di pandang. Tetapi indah juga di kamera. Jadi para traveler mari datang ke Batam, abadikan dan sebarkan di sosial media, tandas Guntur dikutip dari siaran pers Kementerian Pariwisata.

(tam)

Comments